Maksimalkan TPST, Volume Sampah TPA Jabon Sidoarjo Turun 60 Ton per Hari

Maksimalkan TPST, Volume Sampah TPA Jabon Sidoarjo Turun 60 Ton per Hari Bupati Muhdlor didampingi Kepala DLHK Bahrul Amig saat sidak TPA Jabon akhir 2021 lalu. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penurunan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jabon ternyata berhasil dilakukan .

Tentu saja ini kabar menggembirakan. Sebab sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia disebut-sebut mengalami krisis sampah.

Data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mencatat, pada Januari 2023 volume sampah yang masuk di UPTD sebesar 17.860 ton. Jumlah tersebut terus menunjukkan grafik turun hingga Juni 2023 yang mencapai 14.740 ton per bulan atau rata-rata penurunannya mencapai 60 ton per hari.

Bupati Ahmad Muhdlor Ali, Selasa (1/8/2023) mengatakan, capaian ini berbanding lurus dengan kebijakan pengurangan sampah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) .

Kegigihan tersebut akhirnya membuahkan hasil, dimana jumlah sampah yang sebelumnya rata-rata lima hingga enam truk per hari, kini menyusut menjadi 3 hingga 4 truk per hari.

"Keberhasilan ini kami lakukan dengan cara treatment (perlakuan) pengelolaan sampah kepada masyarakat salah satunya adalah mengacu pada UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah pasal 12 yaitu setiap orang bertanggung jawab mengurangi sampah, mengarah pada perilaku," cetusnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Muhdlor ini menuturkan, bahwa limbah sampah organik atau makanan mempunyai persentase cukup besar yaitu 60% dari total jumlah sampah yang ada.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO