Peringati Tahun Baru Islam, Lesbumi NU Sidoarjo Gelar Ngaji Budaya

Peringati Tahun Baru Islam, Lesbumi NU Sidoarjo Gelar Ngaji Budaya PAPARAN: Salah satu penyaji saat paparan di acara Ngaji Budaya. Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati 1445 Hijriah, Lembaga Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) NU Cabang Sidoarjo menggelar Ngaji Budaya bertema Fiqih Kebudayaan di Kantor PCNU Sidoarjo, Minggu (30/7/2023) malam.

Ketua Lesbumi NU Sidoarjo Akhmad Anis Fahmi mengatakan kegiatan mengundang narasumber, yakni Dalang Ki Surono Gondo Taruno dan KH Abdi Manaf Sholeh (Gus Manaf).

Fahmi menyebut kegiatan ngaji budaya ini bertujuan menguatkan karya dan pemikiran. Karena itu pihaknya sengaja menampilkan alunan musik dan puisi di sela-sela pengajian.

"Lesbumi tidak akan kuat jika hanya ditopang dengan kekuatan karya seni saja tanpa adanya kekuatan pemikiran," pungkas Ketua Lesbumi NU Sidoarjo 2021-2026 ini.

Dalam paparannya, Ki Surono menampilkan kajian tentang wayang mualaf yang sudah sesuai dengan syariat Islam. Menurutnya, wayang yang merupakan warisan budaya mengandung nilai-nilai penting dalam pembentukan karakter.

"Bentuk wayang ini sudah sangat Islami, apalagi ditambah dengan makna yang terkandung di dalamnya. Seperti, kenapa ada perut wayang yang kecil yang berarti karakternya senang berpuasa dan sebagainya," ucap Ki Surono.

Sementara itu, Gus Manaf mengkaji beberapa jenis fikih, di antaranya fikih kebudayaan seperti di Indonesia yang dibawa oleh .

" ini dakwahnya melebur dengan budaya, dan itu sangat penting tetapi sulit," terang Gus Manaf. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO