Perumda Tirta Kanjuruhan Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip dan Naskah

Perumda Tirta Kanjuruhan Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip dan Naskah

MALANG, BANGSAONLINE.com - Perumda Tirta Kanjuruhan terus melakukan upaya dalam mendukung proses bisnis perusahaan dan menindaklanjuti hasil evaluasi pengelolaan kearsipan dan tata naskah dengan menggelar bimbingan teknis (bimtek).

Bimbingan teknis (bimtek) dengan tema 'Pengendalian Arsip dan Tata Naskah' ini digelar pada tanggal 27 Juli 2023 lalu, menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang.

Direktur Utama Tirta Kanjuruhan Samsul Hadi menyampaikan materi bimtek adalah tentang perbaikan arsip secara menyeluruh.

"Kegiatan tersebut diharapkan menjadi dasar untuk tindakan perbaikan pengelolaan arsip melalui pemutakhiran ketentuan pengelolaan arsip Perumda Tirta Kanjuruhan, yang mengatur klasifikasi arsip, JRA, hingga proses penyusutan atau penghapusan," terang Samsul, Sabtu (29/7/2023).

Hal yang sama disampaikan Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan Tutik Wadjawati. Ia memberikan gambaran umum tentang pengelolaan arsip Perumda Tirta Kanjuruhan,

"Kita telah melaksanakan sejak penerapan sistem mutu ISO 9001 pada tahun 2011. Namun seiring berkembangnya proses bisnis perusahaan, sehingga pengendalian atau pengelolaan arsip harus terus dimutakhirkan dan sesuai kebutuhan perusahaan, agar tetap aman dan berfungsi sesuai kebutuhan," katanya.

Bimtek diikuti kepala seksi umum dari 27 unit pelayanan/usaha dan 10 kepala seksi perwakilan dari bagian. Selain itu juga disampaikan laporan kegiatan oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Perumda Tirta Kanjuruhan, yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola arsip sesuai dengan tata kearsipan tentang mekanisme, proses, maupun prosedur pengelolaannya.

Kegiatan bimbingan teknis ini diawali dengan penyampaian materi pengendalian kearsipan oleh arsiparis ahli pertama, kemudian dirangkai dengan materi penyusutan arsip oleh arsiparis ahli muda dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang. (dad/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO