Kormi Kabupaten Kediri Segera Dibentuk

Kormi Kabupaten Kediri Segera Dibentuk Ketua Kormi Kota Kediri, Abdian Asgi Sukmana (kiri) saat menerima kunjungan Kepala Disdik Kabupaten Kediri, Mukhamad Muhsin (tengah). Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofifah telah meminta agar seluruh 38 kabupaten/kota di Jawa Timur telah terbentuk Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (). Saat ini, baru terbentuk 21 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Guna mempercepat proses pembentukan , Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten , Mukhamad Muhsin, melakukan kunjungan dan bersilaturahmi ke Kota , Rabu (26/7/2923).

"Kami ditugaskan oleh Mas Bup (Bupati Hanindhito Himawan Pramana) untuk segera membentuk Kabupaten . Agar proses pembentukan tersebut sesuai dengan ketentuan yang ada, maka kami perlu meminta masukan terkait tata cara dan apa saja yang perlu disiapkan dari Kota yang sudah lebih dulu terbentuk," ujarnya.

Ia menyebut, di Kabupaten itu sebenarnya sudah ada beberapa cabang olahraga kemasyarakatan, seperti Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia), Senam Tera Indonesia, zumba, olahraga tradisional seperti egrang, ketapel, panahan dan yang lain.

"Setelah mendapat masukan dari Kota , diharapkan pada awal bulan Agustus 2023, kami sudah bisa mengumpulkan beberapa cabang olahraga kemasyarakatan dan secepatnya menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab)," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kota , Abdian Asgi Sukmana, mengaku siap membantu mengkomunikasikan dengan Jawa Timur, agar Kabupaten segera terbentuk.

"Dengan terbentuknya Kabupaten , tentunya akan menambah jumlah Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang sudah terbentuk . Saat ini dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, baru terbentuk 21 di Kabupaten/Kota," katanya.

Menurut dia, saat ini sudah ada 15 cabang olahraga kemasyarakatan yang tergabung di Kota . Cabor tersebut antara lain, ILDI (Ikatan Langkah Dansa Indonesia) ULD (Universal Line Danca) Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia).

Kemudian ada, PORTINA (Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia) , AKTI (Asosiasi Kungfu Tradisional), BKI (Beladiri Kempo Indonesia) POKI (Persatuan Krawnjang Indonesia, PERPATRI (Persatuan Panahan Tradisional Indonesia) STI (Senam Tera Indonesia), Senam Aerobik, Senam Yoga, BFSI (Federasi Breakdance Seluruh Indonesia), PAK, DKK dan Runner.

"Kami yakin, bila Kabupaten sudah terbentuk, tentu akan banyak cabang olahraga kemasyarakatan yang akan bergabung," kata pria yang juga Dosen Pendidikan Olahraga UNP itu. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO