Pelaku Gendam Konter Pulsa di Surabaya Ditangkap Polisi, Korban Rata-rata Penjaga Wanita

Pelaku Gendam Konter Pulsa di Surabaya Ditangkap Polisi, Korban Rata-rata Penjaga Wanita Pelaku gendam counter didampingi Kapolsek Tambaksari

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaku gendam bernama Ahmad Solik (43) warga Kejawan Putih Tambak, ditangkap Polsek Tambaksari, Sabtu (15/7/2023).

Penangkapan yang dilakukan oleh Reskrim Polsek Tambaksari tersebut, saat pelaku menjalankan aksinya di salah satu counter handphone sekitar Pasar Kapas Krampung.

Kapolsek Tambaksari, Kompol Ari Bayuaji menjelaskan, pelaku yang ditangkap merupakan kategori aksi penipuan.

“Korban selaku penjaga konter handphone merasa curiga dan ada tujuan penipuan sehingga melaporkan ke kami. Pelaku sempat akan kabur namun ditangkap oleh warga sekitar sebelum kami datang,” ujarnya, Senin (17/7/2023).

Ia juga menjelaskan, aksi gendam atau penipuan yang dilakukan tersebut tergolong lama namun trik atau cara mempengaruhi korban tergolong baru. Ahmad Solik mendatangi konter handphone dan mencari korban yaitu, penjaga wanita.

Kemudian, pelaku meminta mengisi saldo uang elektronik kepada penjaga konter. Setelah terisi, lalu pelaku berpura-pura mengambil uang di jok motornya. Agar penjaga konter percaya, pelaku memberikan jaminan dompet yang ternyata berisi kertas bukan uang atau surat berharga.

“Setelah saldo pelaku terisi kemudian beberapa kata kata tipuan diujarkan agar korban percaya. Seperti halnya memberikan dompet ke korban untuk jaminan dikarenakan uang pelaku ada di jok motor yang diparkir agak jauh dari tempat kejadian. Setelah korban percaya kemudian pelaku melarikan diri,” ujar Ari Bayuaji.

Kompol Ari Bayuaji mengatakan, setidaknya sudah tiga kali pelaku melakukan aksinya, dan aksi keempat dan kelima ini, gagal.

Lihat juga video 'Geger! Warga Banyu Urip Surabaya Temukan Mayat Bayi Saat Kerja Bakti':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO