KPU Nganjuk Terima 726 Berkas Bacaleg

KPU Nganjuk Terima 726 Berkas Bacaleg Ketua KPU Nganjuk, Pujiono, saat saat ditemui. Foto: BAMBANG DWI JULIANTO/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - telah menerima 726 berkas perbaikan para bakal calon legislatif. Ketua , Pujiono, memastikan hal tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya kini menunggu pembukaan akses sistem informasi pencalonan (Silon) hingga penyelesaian proses administrasi pada 10 Juli hingga 6 Agustus 2023.

"Pada awalnya ada 746 calon pendaftar dan pada akhir perbaikan berkas terakhir kurang 20 peserta," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (10/7/2023).

Terkait sisa bakal calon legislatif yang tidak mengajukan perbaikan, ia mengaku tidak mengetahuinya.

"Saya tidak bisa menjelaskan terperinci, karena hanya akumulatif total dari daftar, masing-masing parpol yang menyerahkan perbaikan berkas," tuturnya.

Untuk mengetahui calon mana yang telah memenuhi syarat akan diketahui pada 6 Agustus mendatang. Tahapan selanjutnya pada 11 Agustus 2023 akan ditetapkan sebagai DCS, kemudian akan melakukan uji publik untuk menilai masukan dari masyarakat.

"Saya selaku penyelenggara dari juga mengharapkan ada masukan dan saran dari masyarakat terhadap para calon," ucapnya.

Pujiono pun menerangkan soal polemik bagi calon yang sudah termasuk dalam DCS jika nantinya pada proses administrasinya tidak memenuhi syarat.

"Hal inilah yang masih kita tunggu arahan dari RI, apakah TMS (tidak memenuhi syarat) nantinya dibiarkan muncul atau diganti," pungkasnya. (bam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Polres Nganjuk Musnahkan BB Narkoba, Miras, dan Knalpot Brong, Hasil Ops Pekat Semeru 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO