Kabar Gembira! Penelitian Ungkap Minum Kopi atau Teh Ampuh Cegah Batu Ginjal

Kabar Gembira! Penelitian Ungkap Minum Kopi atau Teh Ampuh Cegah Batu Ginjal Ilustrasi Kopi (pixabay/kaboompics)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bagi Anda yang gemar meminum kopi atau , wajib mengetahui hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh National Kidney Foundation.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2021 tersebut, ternyata yang terkandung pada dan kopi mampu mencegah terbentuknya .

Batu ginjal sendiri adalah efek dari tubuh yang tidak mampu untuk membuang 'limbah' berupa mineral tertentu atau cairan tak baik melalui urine.

Hal ini menyebabkan terbentuknya kristal-kristal kecil yang terus berkumpul hingga mengeras seperti batu.

Melansir lama Healthline, hasil penelitian menunjukkan yang terkandung dalam dan kopi bersifat protektif dan bisa menurunkan risiko .

Selain itu, jika memulai kebiasaan dari minum secangkir kopi menjadi 1,5 cangkir disebut mampu turunkan risiko hingga 40%.

Penelitian lain di tahun yang sama juga menyebut jika orang yang mengonsumsi kopi atau memiliki risiko kecil untuk mengembangkan dibanding mereka yang tidak meminum minuman ber.

Selanjutnya, pada penelitian tersebut, air terbukti dapat meningkatkan aliran urine yang menyebabkan kondisi perlindungan yang lebih baik terhadap .

Tinjauan sistematis dan meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2022 juga menunjukkan bahwa asupan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO