Bersama IJTI, PWI Komitmen Terus Tingkatkan Literasi Siswa

Bersama IJTI, PWI Komitmen Terus Tingkatkan Literasi Siswa Ketua PWI Tuban, Suwandi, saat memberi pemaparan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setelah memberikan materi pendidikan dan latihan (Diklat) Jurnalistik bertajuk 'Jurnalis Milenial Di Era Digital' di SMK Negeri 1 Tambakboyo pada beberapa hari lalu, Persatuan Wartawan Indonesia () bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia () siap berkomitmen meningkatkan literasi pada siswa di .

Hal itu ditegaskan oleh dan setelah melakukan evaluasi bersama seusai menjadi pemateri di acara Diklat Jurnalistik E-Magazine di SMK Negeri 1 Tambakboyo.

Ketua , Suwandi, mengatakan bahwa pemahaman tentang literasi ini harus terus ditingkatkan. Tak hanya sekadar membaca, tapi generasi millenial ini harus diasah terus dalam hal penulisan. Tentu saat menulis para siswa harus pandai meramu dan mendapatkan refrensi-refrensi yang ada.

"Jadi para siswa ini harus kita motivasi terus agar meningkatkan kegiatan literasi-nya," ungkap Suwandi dalam keterangan tertulisnya, pada Minggu (25/6/2023).

Melalui kegiatan Diklat Jurnalistik E-Magazine ini sangat mendukung gerakan tersebut. Apalagi kegiatan jurnalistik itu tak hanya diikuti para siswa SMK Negeri 1 Tambakboyo saja. Melainkan ada beberapa siswa dari SMP dan MTs yang berasal dari Kecamatan Tambakboyo, Bancar, Jenu dan Kerek

"Momen ini luar biasa, jadi siswa SMP maupun MTs pun sudah harus diberikan pemahaman tentang literasi. Terutama, belajar menulis sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada," beber Wandi sapaan akrabnya.

Ketua yang juga Wartawan Harian Bangsa ini menjelaskan, kegiatan diklat jurnalistik E-Magazine dinilai sangat berbobot, karena para siswa disajikan beberapa materi. Diantaranya, wawasan dan dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara dan mendapatkan data informasi untuk bahan berita, teknik menulis berita hingg praktek membuat berita.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO