ARCI: PDIP Populer di Pemilih Gen Z dan Y Sidoarjo

ARCI: PDIP Populer di Pemilih Gen Z dan Y Sidoarjo Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, saat memaparkan hasil survei elektabilitas partai politik di Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan selama Mei-Juni 2023 di menemukan persaingan ketat kepopuleran partai politik di pemilih pemula (gen Z), dan pemilih muda/milenial (gen Y).

Dari 16 partai politik yang diuji (survei popularitas) baik partai parlemen maupun non-parlemen, ARCI merekam 2 partai politik yakni dan yang menjadi teratas serta memiliki tingkat popularitas di kalangan pemilih gen Z maupun Y menjelang pesta demokrasi mendatang.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, mengatakan bahwa gen Z dan Y menjadi primadona sasaran partai politik untuk meraup suara pada . Di , dan memiliki tingkat popularitas tertinggi saat survei pilihan partai politik berdasarkan demografi.

"Saat kami lakukan survei pemilihan partai politik berdasarkan demografi, responden berumur 17-21 tahun atau generasi Z di Kabupaten ada 5 partai teratas yang mereka pilih. dan jadi partai teratas responden pemilih pemula itu," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (18/6/2023).

" dengan persentase 19,4 persen, kemudian di peringkat kedua ada dengan 17,6 persen. Di peringkat ke tiga ada PKB dengan 13,2 persen, kemudian Partai Demokrat diposisi keempat dengan 9,6 persen dan diperingkat kelima Gerindra dengan presentase 7,2 persen," paparnya menambahkan..

Sedangkan untuk responden Gen Y atau pemilih muda/milenial berumur 22-25 tahun, Baihaki mengungkapkan jika dan tetap menjadi dua partai teratas yang disukai responden muda Kota Delta.

"Saat kami lakukan survei Partai Politik di responden berumur 22 hingga 25 tahun, mereka memilih PDI Perjuangan dengan 15,1 persen, 13,1 persen diperingkat ketiga ada PKB dengan 12,1 persen kemudian yang menarik adalah perolehan sama presentase antara Partai Nasdem dan Demokrat yang sama-sama diangka 9,09 persen," ungkapnya.

Aktif Sosialisasi di Media Informatif

Baihaki memaparkan jika relatif pengenalan terhadap Partai ke masyarakat di dalam kontestasi khususnya di Kabupaten dilakukan baik oleh pengurus dan sehingga di kalangan Gen Z dan Y dua partai ini memiliki popularitas yang berjarak tipis.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO