Komisi D DPRD Sidoarjo Minta Pembangunan Sarpras Sekolah Tepat Sasaran

Komisi D DPRD Sidoarjo Minta Pembangunan Sarpras Sekolah Tepat Sasaran Anggota DPRD Sidoarjo, Bangun Winarso, ketika melihat ruang kelas yang memakai rumdin SDN Mergosari I Tarik. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi D DPRD meminta pemerintah daerah setempat menggunakan skala prioritas untuk membangun sarana prasarana (sarpras) sekolah-sekolah di Kota Delta sehingga bisa tepat sasaran.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi D DPRD , Bangun Winarso, saat mengunjungi SDN Mergorsari I di Desa Mergosari, Kecamatan Tarik, Sabtu (17/6/2023). Saat itu, ia mengetahui jika sekolah ini ternyata kekurangan satu ruang kelas, sehingga memanfaatkan rumah dinas guru untuk ruang belajar siswa kelas IV.

Ruang kelas yang memakai rumah dinas guru ini kondisinya juga tampak kurang memadai karena sempit. Plafon teras ruang kelas ini juga terlihat berlubang di beberapa titik. 

"Ini tidak memenuhi standar," kata Bangun.

Legislator asal Dapil IV (Krian, Balongbendo, Tarik) ini juga mengetahui ruang guru SDN Mergosari I, plafonnya sudah melengkung sehingga rawan jebol. 

"Kalau ada angin kencang, kemungkinan bisa jebol plafonnya," ujarnya.

Ia menyebut, temuan di SDN Mergorsari I ini bisa jadi hanya satu contoh dari sekian banyaknya kondisi sarpras SDN di yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

Kondisi ini karena saat pandemi Covid-19, hampir tidak ada program rehab sarpras sekolah karena dananya dipakai untuk penanganan Covid-19. Padahal sebelumnya, mulai tahun 2017 hingga 2019, DPRD setiap tahun, menyetujui alokasi anggaran sekitar Rp 60 Miliar lebih untuk perbaikan sarpras sekolah.

Nah, tahun ini, DPRD sudah menyetujui anggaran bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk melakukan kajian sarpras pada sekolah milik pemkab, baik SDN maupun SMPN. "Tujuannya agar ada skala prioritas sehingga pembangunan sarpras tepat sasaran," jlentrehnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO