Apakah Makanan Gosong Bisa Picu Kanker? Simak Penjelasan Para Ahli

Apakah Makanan Gosong Bisa Picu Kanker? Simak Penjelasan Para Ahli Apakah Makanan Gosong Bisa Picu Kanker? Simak Penjelasan Para Ahli. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Makanan gosong memiliki zat kimia yang diduga dapat memicu munculnya kanker. Zat tersebut ialah akrilamida.

Sejumlah ilmuan dari University of Stockholm menjelaskan bahwa akrilamida berada dalam makanan yang dimasak pada suhu lebih dari 120 derajat celsius.

Akrilamida biasanya terdapat dalam makanan panggang atau gorengan, serta diduga dapat menyebabkan kanker.

Penelitiaan yang dilakukan pada tahun 2002 itu menyimpulkan bahwa makanan gosong sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi, melainkan dikikis atau dibuang sebagian saja untuk menyisakan makanan yang tidak gosong.

Setelah 20 tahun terlewati, penelitian mengenai bahayanya makanan gosong dilakukan kembali di Amerika Serikat dan menyimpulkan hal yang serupa.

Para peneliti menemukan hubungan antara asupan akrilamida dengan kematian akibat kanker, namun tidak jelas jenis kanker yang dimaksud.

Asisten profesor epidemiologi kardiovaskular dan nutrisi di Institute of Environmental Medicine, yaitu Federica Laguzzi mengatakan tidak menemukan hubungan antara risiko kanker nonginekologi dan akrilamida.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO