Presiden Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt Menkominfo

Presiden Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt Menkominfo Presiden Jokowi Tunjuk Mahfud sebagai Plt Menkominfo. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt), Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkominfo.

"Dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja dan menjamin kelancaran tugas dan fungsi Kementerian Kominfo sampai pengangkatan Menkominfo definitif ", ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berterima kasih atas pengabdian yang telah diberikan oleh Johnny G Plate selama menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatik (Menkominfo).

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 41/P Tahun 2023 mengenai Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Keppres tersebut diteken Presiden Jokowi pada Jum'at, 19 Mei 2023. Beleid tersebut terbit setelah Kejaksaan Agung menetapkan Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transveiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022.

"Disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut", ujar Jokowi pada (20/5/2023).

Kejagung telah menetapkan 6 orang tersangka dalam kasus ini, termasuk Plate.

Plate disangka melanggar Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tenntang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jucnto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam perkara ini, kerugian yang dihitung oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ditaksir mencapai Rp 8,03 triliun. Sementara dana yang digulirkan untuk mendanai proyek ini mencapai Rp 10 triliun.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO