Babak Baru, Penyelewengan BPNT Milik ODGJ di Sampang Dimanfaatkan Oknum yang Dikenal PT Pos

Babak Baru, Penyelewengan BPNT Milik ODGJ di Sampang Dimanfaatkan Oknum yang Dikenal PT Pos Bupati Sampang, Slamet Junaidi, saat melepas Zaini dari pemasungan beberapa waktu lalu. Foto: Prokopim Pemkab

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Bantuan pangan non tunai () milik Zaini, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) warga Desa Madulang, Kecamatan Omben, Sampang, yang dimanfaatkan oleh oknum kini memasuki babak baru. Pasalnya, PT Pos Indonesia wilayah Sampang tidak menampik bantuannya diterima orang lain.

Pengakuan itu dilontarkan saat menghadiri audiensi di aula besar pemerintah daerah yang digelar oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) Madura Development Watch (MDW), Selasa, (9/5/2023). Zaini (ODGJ) diketahui sebagai penerima berdasarkan data sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG) sejak september 2022.

Ketua LSM MDW Siti Farida menyayangkan atas SOP di PT Pos Sampang sebagai penyalur bantuan. Sebab, mekanismenya terlalu bobrok sehingga terlalu menampakkan memberikan peluang atau kesempatan terhadap mafia bansos.

"Sebelumnya PT Pos Sampang mengatakan kalau bantuan bisa dicairkan meski bukan KPM asalkan masih terdaftar di satu kartu keluarga (KK) tetapi tidak berlaku untuk Zaini ODGJ," ucapnya.

MDW sengaja membawa temuan ini di meja pemerintah, mengingat hasil investigasi beberapa bulan lalu belum menemukan titik terang baik dari dinas sosial dan PT Pos bahkan pemerintah desa setempat.

"Keluarga Zaini yang ada di satu kartu keluarga (KK) mengakui kalau tidak pernah menerima , dan ternyata PT Pos mengakui kalau bantuan itu diterima oleh oknum yang mengaku masih famili Zaini ODGJ," tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO