Tepis Isu Pembiaran Jalan Rusak, DPUPR Kabupaten Probolinggo Mulai Lakukan Perbaikan

Tepis Isu Pembiaran Jalan Rusak, DPUPR Kabupaten Probolinggo Mulai Lakukan Perbaikan Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahjo Saputra. Foto: ANDI SIRAJUDIN/BANGSAONLINE

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Viralnya kondisi jalan rusak di Kabupaten akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat. 

Untuk menangkal dan menolak semua isu jika ada pembiaran jalan rusak, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten mulai mencicil perbaikan di sejumlah ruas jalan.

Kabupaten memiliki 187 ruas jalan dengan total panjang jalan kabupaten + 785,819 km. Dari jumlah ruas dan panjang jalan tersebut, persentase eksisting kondisi mantap sebesar 77,33 persen atau 607.682 km dan selebihnya kondisi tidak mantap atau kondisi jalan rusak sedang hingga berat sebesar 22,67 persen atau 178.137 km.

Kepala DPUPR Kabupaten , Hengki Cahjo Saputra, mengatakan bahwa pihaknya saat ini memang tidak tinggal diam atas rusaknya sejumlah ruas jalan. Bahkan, DPUPR Kabupaten sudah mulai melakukan perbaikan.

“Untuk perbaikan jalan rusak sebetulnya sudah berjalan. Kalau melihat kondisi kerusakan jalan memang sangat luar biasa. Oleh karena itu kita mulai mencicil melakukan perbaikan secara bergantian,” ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (2/5/2023).

Hingga saat ini sudah ada 4 ruas jalan yang sudah dilakukan perbaikan. Yakni, ruas jalan Kandangjati-Kandangsapi sepanjang 4,5 km dengan total luas yang ditambal 281,02 m2, dan ruas jalan Maron-Pekalen sepanjang 2,1 km dengan total luas yang ditambal 65,11 m2.

Kemudian, ruas jalan dr Sutomo (ke utara RSUD Waluyo Jati) sepanjang 0,044 km dengan total luas yang ditambal 14,57 m2, serta ruas jalan dr Wahidin (ke barat RSUD Waluyo Jati) sepanjang 1,22 km dengan total luas yang ditambal.

“Dari 4 ruas jalan tersebut total luas yang sudah ditambal mencapai 494,23 m2 dari total panjang ruas jalan yang ada di seluruh Kabupaten sepanjang 785,19 km,” kata Hengki.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO