Kota Kediri Peringkat Lima Kota Paling Toleran di Indonesia Tahun 2022, Naik Signifikan

Kota Kediri Peringkat Lima Kota Paling Toleran di Indonesia Tahun 2022, Naik Signifikan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menunjukkan piala dan piagam yang diperoleh Kota Kediri sebagai Kota paling toleran di Indonesia. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam tiga tahun berturut-turut, berhasil berada pada 10 besar di Indonesia. Tak hanya itu, juga mengalami kenaikan peringkat dan nilai yang signifikan.

Kini berada di peringkat 5 dengan nilai 5,850. Di mana sebelumnya pada tahun 2021 berada di peringkat 10 dengan nilai 5,733. Ini semakin meneguhkan sebagai kota yang toleran.

Data tersebut berdasarkan laporan () 2022 yang dirilis Setara Institute pada acara peluncuran hasil riset dan pemberian penghargaan kepada 10 kota dengan skor toleransi tertinggi yang digelar Kamis (6/4/2024) di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Setara Institute atas penilaian indeks toleransi. Namun sebenarnya kami di mencoba mengimplementasikan dan mengaplikasikan toleransi dalam beragama," ujar Wali , Jumat (7/4/2023).

Menurutnya, sejak dahulu toleransi di memang sudah bagus dan hal ini terus dijaga bersama-sama. Sehingga seluruh elemen di ini memiliki persepsi yang sama bahwa perbedaan agama itu memang ada, tapi toleransi harus dijunjung tinggi.

Pemerintah juga mewujudkannya dalam kebijakan-kebijakan yang ada. Serta political will yang diwujudkan dalam regulasi maupun rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Menurutnya, di ada paguyuban antar umat beragama (PAUB) sejak tahun 1998 yang saat ini jadi forum kerukunan antar umat beragama (FKUB). Ada juga forum kerukunan perempuan umat beragama (FKPUB).

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO