Ini yang Dilakukan Bupati Situbondo saat Salurkan Insentif untuk Ketua RT di Kecamatan Suboh

Ini yang Dilakukan Bupati Situbondo saat Salurkan Insentif untuk Ketua RT di Kecamatan Suboh Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat memberi sambutan pada pemberian insentif untuk Ketua RT di Kecamatan Suboh.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Karna Suswandi, telah menuntaskan janji kampanyenya dengan memberikan insentif senilai Rp500 ribu untuk 3.345 Ketua RT. Kali ini, pimpinan daerah yang akrab disaba itu menyalurkan insentif tahap akhir untuk 167 Ketua RT di Kecamatan Suboh, Kamis (6/4/2023).

Ia tampak bersemangat ketika menyapa para ketua RT yang hadir, dan mengajak mereka untuk bernyanyi bersama. Ketika memberi sambutan,  selalu menyelingi pantun atau nyanyian yang diciptakan dan membuat suasana cair.

"Abessegi 2x pembangunan samangken ekantang kabbi, rassaagi 2x bentoan pak bupati etapak kabbi. (Lihat-lihat pembangunan sekarang dimulai semua, rasakan-rasakan bantuan pak bupati tepat semua)," nyanyi bupati bersama Ketua RT.

Dalam syair itu, ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa seluruh janji kampanyenya sudah terpenuhi, dan masyarakat telah merasakan manfaatnya. Di kecamatan Suboh, tampak antusiasme ketua RT mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah diagendakan. 

Selain bupati, kegiatan juga dihadiri wakil bupati, Khoirani, serta Ketua TP PKK , Juma'ati Karna Suswandi. Ada pula anggota DPRD, DPMD Situbodo, beserta Forkopimcam Suboh. 

"Insentif RT ini bentuk penghargaan dan kepedulian dari bupati dan wakil bupati kepada ketua RT. Karena ketua RT merupakan ujung tombak pelayanan ditingkat pemerintahan terbawah". ucap .

"Ketua RT ini Jembatan untuk suksesnya program bupati dan wakil bupati di bawah. Bagaimana program-program unggulan pemerintah daerah bisa dipahami dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti program prioritas Sehati, varitas padi BK 1 agritan, pupuk gratis, insentif guru ngaji, bantuan Madrasah Diniyah (Madin)," paparnya menambahkan.

Berdasarkan pantauan BANGSAONLINE.com di lokasi, para Ketua RT di Kecamatan Suboh hadir kompak sejak pukul 13.00 WIB. Mereka istiqomah mengikuti rangkaian acara hingga berakhir lewat pukul 16.00 WIB.

Dalam kegiatan itu, terdapat pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Kisi-kisi materinya tentang leadership atau kepemimpinan, yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) , Wawan Setiawan. Dan Materi penjelasan permendagri nomor 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kesejahteraan Desa (LKD, yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) , Akhriat Syahada Alam.

Menariknya, sekda Wawan memberikan tantangan kepada para Ketua RT yang mampu menjawab pertanyaan akan diberi hadiah berupa uang. Pertanyaannya seputar program prioritas bupati. Seperti program kesehatan "Sehati", insentif guru ngaji, bantuan madin, program banih padi Veritas unggul BK 1. Dan ternyata banyak ketua RT berebut menjawab. Beberapa orang mendapat kesempatan, menjawab dengan benar. Dan mereka mendapat hadiah dari sekda Wawan.

Seorang Ketua RT dari Desa Ketah, Wahyuni merasa senang dan berterima kasih kepada pemkab yang memberikan insentif RT.

"Ini pertama ketua RT mendapat insentif, saya senang, terima kasih pak Bupati dan bu wabup". Ujarnya kepada Bangsaonline.com.

Dirinya juga mengatakan mendapat pencerahan tentang program prioritas bupati Karna.

"Saya taunya sedikit, tadi sudah dijelaska. Ternyata program bupati dan wabup bagus untuk rakatnya".tambahnya

Sementara itu. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) , Suriyatno mengatakan Penyaluran insentif di kecamatn Sunoh ini, adalah yang terakhir dari seluruh safari di seluruh kecamatan se kabupaten .

"Ini agenda terakhir, alhamdulillah seluruh ketua RT se kabupaten sebanyak 3345 sudah diserahkan". Kata suriyanto.

Ia berharap insentif ini berguna bagi ketua RT, dan bisa memberikan motivasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

"Harapannya pak RT bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat lebih baik, Dan tentunya bisa menjadi jembatan bagi program bupati dan wabup ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa memahami dan merasakan maanfaatnya". Pungkasnya

Untuk diketahui data dari DPMD 3.345 Ketua RT yang tersebar di 17 kecamatan:

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO