Kupas Tuntas Sejarah Kabupaten Kediri, Muncul Wacana Pemulangan Prasasti Harinjing

Kupas Tuntas Sejarah Kabupaten Kediri, Muncul Wacana Pemulangan Prasasti Harinjing Seminar nasional lintas masa edisi pertama yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri di Auditorium Simpang Lima Gumul. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hari Jadi ke-1.219 Kabupaten dimeriahkan sejumlah kegiatan, di antaranya seminar nasional lintas masa untuk mengupas tuntas sejarah Kabupaten . Seminar edisi pertama yang digelar Pemkab itu mengambil tempat di Auditorium Simpang Lima Gumul, Sabtu (11/3/2023) kemarin.

Seminar mendatangkan Kayato Hardani dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Kayato menyatakan masyarakat Kabupaten harus bangga dengan kekayaan sejarah yang luar biasa. Mulai dari klasik yang berlapis-lapis, hingga sejarah masa Islam.

Menurutnya, modal sejarah itu bisa menjadi pebelajaran. "Di mana data-data sejarah dan arkeologi harus diperlakukan ilmiah dengan metode yang tepat. Sehingga diharapkan tidak ada penyelewengan hingga salah interpretasi dalam menelaah sejarah," ujarnya.

Kayato menyebut, pelestarian sejara Kabupaten harus melibatkan peran pemuda. Ia mencontohkan Sungai Serinjing. Kata dia, pemuda dapat berperan dalam pelestarian sungai yang ditandai dengan , yang menjadi asal muasal kata disebut.

Sungai itu juga menjadi penunjuk jejak dalam merubah irigasi menjadi sistem pengairan, yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat sampai sekarang.

“Mereka (pemuda) adalah pewaris langsung , bagaimana mereka menjaga. Satu kegiatan diposting, dan itu nanti akan menularkan efek-efek (pelestarian),” terangnya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO