Beri Pendampingan untuk Pelaku Usaha Pertanian, Pemkot Kediri Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan

Beri Pendampingan untuk Pelaku Usaha Pertanian, Pemkot Kediri Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan Kepala DKPP Kota Kediri, Moh Ridwan (tengah), saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) menggelar sosialisasi keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT), Kamis (2/3/2023). Kegiatan ini melibatkan 20 orang yang merupakan petani beras, petani buah-buahan serta petani dari P2L.

Saat memberi sambutan, Kepala DKPP Kota , Moh Ridwan, mengatakan bahwa agenda tersebut sekaligus memenuhi perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat akan pangan yang aman dan layak konsumsi.

"Masyarakat kita saat ini sudah mulai aware (menyadari) dengan pangan yang aman untuk pemenuhan gizi keluarga. Sehingga dengan sosialisasi ini kita ajak para pelaku usaha pertanian untuk melabeli produk pangan mereka dengan sertifikat jaminan mutu," ujarnya.

Menurut dia, setelah sosialisasi ini DKPP Kota akan memfasilitasi produk pangan para pelaku usaha pertanian untuk mendapatkan sertifikat prima 3 dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

"Dari Dinas memfasilitasi sampai terbit label sertifikat prima 3. Dalam sosialisasi ini juga kita hadirkan para pendamping petani yang kita harapkan bisa melakukan pendampingan ke petani sehingga nantinya produk pertanian yang bersertifikat bisa semakin bertambah," jelasnya.

Ridwan menambahkan, untuk proses sertifikasi nantinya akan melalui uji laboratorium sehingga jika produk tersebut memenuhi standar akan langsung dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat prima 3.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO