Gejala Kolesterol Dapat Terasa di Jari Tangan dan Kaki

Gejala Kolesterol Dapat Terasa di Jari Tangan dan Kaki Gejala Kolesterol Dapat Terasa di Jari Tangan dan Kaki. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kesemutan disebabkan oleh gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu, hal itu juga disebabkan oleh kadar kolesterol darah yang tinggi dalam tubuh.

Untuk itu, penting mengawasi kadar kolesterol dalam tubuh. Dokter di Kardiologi Rumah Sakit Manipal India, dr Tanmai Yermal mengatakan beberapa penyakit dapat terjadi karena kadar kolesterol tinggi. Selain mengonsumsi makanan tinggi lemak, merokok, tidak berolahraga, dan kelebihan berat badan adalah faktor lain yang berkontribusi terhadap penumpukan kolesterol dalam tubuh.

"Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan memungkinkan kondisi yang fatal termasuk serangan jantung atau stroke", ujar dr Yermal pada Jum'at (24/2/2023).

Kolesterol tinggi dapat ditunjukkan dengan nyeri pada jari tangan dan kaki. Penumpukan kolesterol di arteri darah tangan dan kaki bisa membuat mereka sakit saat disentuh. Tanda lainnya ialah sering muncul di jari tangan dan kaki.

Selain itu, kadar kolesterol tinggi dapat diketahui dari endapan kolesterol kuning di telapak tangan. dr Yermal mengatakan, hiperkolesterol memiliki endapan berwarna kekuningan pada kulit. Utamanya akan terlihat di sekitar mata dan terkadang di telapak tangan dan belakang kaki bagian bawah.

"Disebut Xanthelasma, kalau berada di sekitar mata dan xanthomas jika deposit kolesterol ada di bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki. Kolesterol tinggi tidak menyebabkan mati rasa di ujung jari", ujarnya.

Untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda dapat melakukan modifikasi gaya hidup, pola makan, dan memerhatikan waktu berolahraga. Jika kondisi kolesterol lebih tinggi, Anda harus mulai mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kondisi agar tetap optimal.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO