Pemkot Kediri Minta Masukan Media untuk Kembangkan Tenun Ikat Bandar Kidul

Pemkot Kediri Minta Masukan Media untuk Kembangkan Tenun Ikat Bandar Kidul Salah seorang perajin Tenun Ikat Bandar Kidul saat sedang menenun dengan alat tradisional. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengembangkan , berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan menggelar sarasehan dengan mengundang awak media, Jumat (17/2/2023) kemarin.

Bertempat di Ruko Medali Mas, salah satu tempat produksi , kegiatan tersebut bertujuan meminta masukan kepada para jurnalis terkait kiat-kita pengembangan tenun ikat.

Sejumlah saran disampaikan para wartawan untuk urun rembuk. Misalnya yang disampaikan Andika, salah satu jurnalis media online, agar menggencarkan peningkatan SDM masyarakat agar menjadi sadar wisata. Sehingga, mereka bisa guide atau pemandu wisata di wilayahnya masing-masing ketika ada wisatawan yang datang.

Sementara Benny, salah satu wartawan televisi, mengusulkan agar ada kendaraan khusus bagi wisatawan yang datang ke Kota Kediri, misalnya Vespa. "Kan Vespa sudah ikonik dengan Kota Kediri," ujarnya.

Menanggapi masukan tersebut, Kepala  Chevy Ning Suyudi, mengatakan akan menampung usul dan saran yang disampaikan para awak media. Termasuk soal penggunaan vespa sebagai sarana wisatawan untuk keliling Kota Kediri.

"Nanti kita akan diskusikan lagi lebih lanjut. Yang jelas kita masih merancang untuk pembuatan jadwal Wisata Keliling Kota Kediri atau city tour tersebut, semoga bisa segera berjalan," ujar Chevy.

Menurutnya, selama ini pemkot juga melakukan sejumlah upaya untuk mengembangkan . Di antaranya berkolaborasi dengan akademisi membentuk .

"Selain itu pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Kelurahan Bandar Kidul, mengadakan berbagai pelatihan dan pameran juga sudah kita lakukan," terangnya.

juga menyediakan bus mini khusus yang bisa digunakan untuk mengantar wisatawan keliling Kota Kediri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Perwakilan M. Choirur Rofiq, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kediri Ferry Djatmiko, dan Kepala Disperdagin Kota Kediri Tanto sebagai narasumber. (uji/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO