Jelang Pilkades Serentak 2023, DPMD Kabupaten Pasuruan Beri Pembekalan 47 Desa

Jelang Pilkades Serentak 2023, DPMD Kabupaten Pasuruan Beri Pembekalan 47 Desa

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Jelang pilkades serentak tahun 2023 di Kabupaten Pasuruan, pemkab setempat melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) menggelar sosialisasi persiapan, Kamis (16/2/2023).

Diketahui, ada 47 desa di 20 kecamatan yang bakal menggelar hajatan 6 tahunan tersebut. Selaian dukungan anggaran yang memadai, Pemkab Pasuruan juga mempersiapkan peningkatan SDM aparatur pemerintah desa.

Kabid Bina Pemerintah Desa DPMD, Sony, mengatakan sosialisasi persiapan pilkades kali ini mengundang BPD, sekdes, dan kaur keuangan. Mereka diberi pemahaman cara penyusunan program kerja.

"Mereka yang terlibat langsung di pilkades kita undang untuk pembekalan. Tujuannya untuk mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing," jelasnya.

Dengan adanya pembekalan ini, ia berharap kapasitas masing-masing personel di pemerintahan desa bisa meningkat sehingga mampu menjalankan tugas-tugas dengan baik.

"Misalnya BPD, yang nantinya bertugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan membentuk kepanitiaan. Sementara kaur keuangan adalah bendahara, bagaiamana menyusun program kerja, tata tertib, dan lain sebagainya," urainya.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan selama tiga hari (15-17/2/2023) tersebut juga dibahas isu-isu strategis terkait pilkades. Acara tersebut dibuka oleh asisten I. Sedangkan untuk pamateri adalah kepala DPMD dan kepala bidang terkait. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO