Rekam E-KTP untuk Warga Disabilitas, Petugas Dispendukcapil Kabupaten Kediri Keliling Kampung

Rekam E-KTP untuk Warga Disabilitas, Petugas Dispendukcapil Kabupaten Kediri Keliling Kampung Petugas Dispendukcapil Kabupaten Kediri saat mengambil foto salah satu penyandang disabilitas. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berikan pelayanan dengan hati, pesan Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, ini menjadi motivasi petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dispendukcapil) dalam memberi pelayanan perekaman dokumen kependudukan bagi masyarakat di Bumi Panjalu.

Hal ini terlihat dalam kegiatan perekaman KTP elektronik bagi warga penyandang disabilitas mental yang dilakukan petugas Dispendukcapil Kabupaten di Desa Banyuanyar, Kecamatan Gurah, Kamis (16/3/2023).

Petugas mendatangi satu per satu rumah warga penyandang disabilitas mental. Didampingi kepala desa setempat, mereka dengan sabar mengambil hati warga disabilitas mental supaya dapat diarahkan untuk dilakukan perekaman.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten , Wirawan, menyampaikan, program perekaman dokumen kependudukan yang diberi nama Sayang Gadis atau Sahaja Datang Bahagia itu telah berjalan sejak akhir 2022 lalu.

Dalam perjalanannya, pasca perekaman, petugas menyalurkan bingkisan dari Bupati Hanindhito Himawan Pramana. Bingkisan itu diberikan kepada penyandang disabilitas termasuk mereka yang mengalami disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telah dilakukan perekaman.

Penyaluran bingkisan bagi warga disabilitas maupun ODGJ yang telah melakukan perekaman dokumen kependudukan itu baru terjadi di Kabupaten . Hal itu tak lain karena bentuk perhatian , sapaan akrab bupati kepada warganya.

"Program ini akan terus berjalan sampai semua warga disabilitas di Kabupaten terekam semua," kata Wirawan.

Penyandang disabilitas yang menjadi sasaran program itu, meliputi disabilitas sensorik, disabilitas fisik, disabilitas intelektual maupun disabilitas mental. Kehadiran petugas ke rumah warga disabilitas tersebut menjadi solusi bagi mereka yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk diajak datang ke tempat pelayanan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO