Sayuran Penurun Trigliserida, Bantu Cegah Obesitas dan Diabetes

Sayuran Penurun Trigliserida, Bantu Cegah Obesitas dan Diabetes Sayuran Penurun Trigliserida, Bantu Cegah Obesitas dan Diabetes. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kementerian Kesehatan mengatakan tingginya kadar trigliserida merupakan akibat dari kondisi kesehatan tertentu, pengaruh obat-obatan, genetik, serta gaya hidup. Trigliserida merupakan lemak dalam darah yang berfungsi sebagai energi cadangan. Energi ini akan digunakan tubuh jika sumber energi utama, yakni glukosa telah habis.

Trigliserida dalam kadar normal penting bagi tubuh, namun jika melebihi ambang batas normal atau lebih dari 150 mg/dl dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi sayuran dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah manusia. Bahkan sayuran dapat menurunkan kadar kolesterol total, yang meliputi trigliserida, kolesterol jahat, dan kolesterol baik.

Berikut sayuran yang membantu menurunkan trigliserida:

1. Kembang kol

Kembang kol memiliki kandungan serat yang tinggi tetapi rendah karbohidrat dan gula. Sayuran silangan ini juga kaya akan isothiocyanate dan glucosinolate. Senyawa tersebut terbukti secara signifikan mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kesehatan metabolisme.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan nutrisi. Di dalam brokoli terkandung glucosinolate dan isothiocyanate yang berguna menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO