IPHI Jatim Imbau Pilih Caleg Muslim

IPHI Jatim Imbau Pilih Caleg Muslim Tamat Anshory Ismail. foto:nisa alseena kapoor/BANGSAONLINE

SURABAYA (bangsaonline) - Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia () Jatim mengimbau seluruh umat Islam untuk tidak golput pada pemilu legislatif (pileg) tanggal 9 April 2014 nanti. Sebab, golput akan merugikan umat Islam sendiri. Yang tak kalah penting, adalah memilih wakil rakyat atau pemimpin yang juga beragama Islam.

''JIka nanti yang terpilih wakil rakyat atau pemimpin yang ternyata bukan muslim, tentu yang dirugikan adalah umat muslim. Kebijakan-kebijakannya nanti pasti tak akan mendukung kepentingan umat muslim. Makanya, gunakan hak pilih Anda, dan pilihlah wakil rakyat dan pemimpin yang muslim,'' imbau Ketua PW Jatim H Tamat Anshory Ismail kepada wartawan, tadi pagi (7/4/2014).

Tamat mengatakan, pemilu dalam pandangan Islam adalah upaya untuk memilih pemimpin atau wakil rakyat yang memenuhi syarat-syarat ideal demi kepentingan bangsa. Dan memilih pemimpin adalah wajib guna menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. ''Pemimpin dan pemerintahan dalam Islam menghajatkan syarat-syarat agar terwujud kemaslahatan dan kehidupan berbangsa. Syaratnya apa? Siddiq (jujur), amanah (terpercaya), tabligh (aktif dan aspiratif), serta fathonah (mempunyai kemampuan),'' urainya.

Selain mengimbau agar umat Islam tidak golput dan memilih pemimpin dan wakil rakyat yang juga muslim agar bisa mengemban amanah amar ma'ruf nahi munkar, juga menyerukan lembaga-lembaga negara yang langsung atau tidak langsung bertanggungjawab atas penyelenggaraan pileg dan pilpres, agar dapat menyelenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, efisien, serta berlangsung aman, damai dan bermantabar, serta bertanggungjawab kepada rakyat dan kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO