BPK RI Data Warga Penerima Bantuan Rumah di Desa Selopuro Nganjuk

BPK RI Data Warga Penerima Bantuan Rumah di Desa Selopuro Nganjuk BPK RI saat melakukan uji petik dengan warga terdampak lahan relokasi. Foto: BAMBANG DWI JULIANTO/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Petugas dari Badan Pemeriksa Keuangan () RI mendata warga terdampak  di Desa Selopuro, Kecamatan Ngetos, . Kepala BPBD , Abdul Wahid, mengatakan bahwa kedatangan mereka ialah untuk mencatat siapa saja yang berhak menerima bantuan dari pemerintah.

"Benar, petugas dari RI berjumlah 4 orang melaksanakan uji petik kepada 48 warga yang menerima bantuan rumah," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Kamis (2/2/2023).

Ia menuturkan, pembangunan rumah di lahan relokasi sudah dimulai sejak 17 Januari 2023 dan diperkirakan rampung pada 2 bulan ke depan. Saat ini, pembangunannya sudah berjalan 30 persen.

"Saya bersama tim terkait akan melakukan uji kelayakan sebelum warga menempati rumahnya. Apabila sudah dinyatakan layak, maka akan dilaksanakan peresmiannya," tuturnya.

Pemerintah menyiapkan lahan sekitar 4,56 hektare untuk lokasi relokasi rumah warga. Di lahan tersebut dibangun sebanyak 48 unit rumah dengan tipe 36, disertai masjid dan fasilitas taman bermain.

Tiap unit rumah dilengkapi fasilitas 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi. Untuk bagian dinding depan serta dinding dalam sudah diplester, termasuk lantainya.

Dana yang digunakan untuk pembangunan rumah tersebut bersumber dari APBN. Tiap satu 1 unit rumah menelan biaya pembangunan Rp50 juta.

Adapun lahan yang ditempati ini sifatnya masih pinjam pakai. Namun nantinya jika sudah 2 tahun bisa diperpanjang untuk kepengurusan sertifikat bagi 48 warga penerima. 

Sementara itu, salah satu warga yang mendapatkan rumah relokasi no 30, Susin (36), berterima kasih atas terbangunnya rumah relokasi yang akan dihuni bersama keluarga. Selama ini, ia tinggal di kontrakan setelah rumahnya terdampak .

"Semoga sebelum puasa saya sudah bisa menempatinya, bersama warga lainya," harapnya. (bam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO