Bebas Visa, Ada Jalan Soekarno di Rabat, Lebih Banyak Warga Indonesa ke Maroko

Bebas Visa, Ada Jalan Soekarno di Rabat, Lebih Banyak Warga Indonesa ke Maroko Jalan Soekarno di Rabat, Ibu Kota Maroko. Foto: kumparan

RABAT, BANGSAONLINE.com – Kerajaan Maroko memandang Indonesia sangat istimewa. Sedemikian istimewanya, Indonesia bebas visa. Bahkan di Rabat, Ibu Kota Maroko, ada Jalan Soekarno, Proklamator dan Presiden RI pertama yang tertulis: Rue Soukarno.

Saya berkali-kali melewati Jalan Soekarno itu. Terutama ketika bermalam di Rabat, sebelum akhirnya pindah ke Casablanca.

Letaknya sangat strategis, di pusat kota Rabat. Dekat kantor pos pusat dan gedung parlemen Maroko. Saya beberapa kali merekam jalan tersebut dari dalam mobil. Tapi sering telat. Karena di kawasan tersebut tak ada parkir mobil.

Semula jalan itu bernama 'sharia Al-Rais Ahmed Soekarno'. Kini populer dengan nama Rue Soekarno. Papan nama yang termpampang sekarang: Rue Soekarno.

(Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, saat diterima Duta Besar RI untuk Maroko, Hasrul Azhar Hutasuhut, di Duta Wisata KBRI, Kota Rabat, Maroko, Sabtu (14/1/2023). Foto: bangsaonline.com)

Bagaimana cerita awalnya? Nama Soekarno diabadikan di Kota Rabat Maroko tak lepas dari jasa Presiden RI pertama, Soekarno. Bung Karno sebagai Presiden RI adalah tokoh dunia pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko pada 1956 dari jajahan Prancis dan Spanyol. Maroko merdeka menyusul Indonesia yang memprolamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Sebelumnya, Bung Karno mempelopori terselenggaranya Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada 18-24 April 1955 di Bandung, Jawa Barat. Konferensi Asia-Afrika itu sukses. Sebanyak 29 negara (Asia-Afrika) mengirimkan delegasi.

(Presiden RI Soekarno dan Raja Maroko Muhammad V saat meresmikan Jalan Soekarno di Rabat Maroko. Foto: Setneg)

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO