Tingkatkan Kualitas Kinerja Pegawai, Pemkot Kediri Beri Pelatihan KPI untuk BUMD

Tingkatkan Kualitas Kinerja Pegawai, Pemkot Kediri Beri Pelatihan KPI untuk BUMD Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Kediri, Tetuko Erwin Sukarno (tengah), saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mewujudkan misi Wali Kota , yakni mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing berbasis nilai agama dan budaya, tiga BUMD mengikuti pelatihan Pembuatan Key Performance Indicator (KPI), Selasa (24/1/2023).

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot , Tetuko Erwin Sukarno, mengatakan bahwa BUMD di wilayahnya telah mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) sejak tahun lalu. Pelaksanaan GCG salah satunya digunakan untuk mengukur kinerja para pegawai guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Key Performance Indicator merupakan tolak ukur sebuah perusahaan untuk menilai kinerja karyawannya serta membantu mengevaluasi kinerja perusahaan agar visi misi yang sudah direncanakan bisa tercapai.

“Sebagai bagian dari GCG, KPI merupakan alat komunikasi yang efektif sekaligus sebagai pengingat komitmen bersama dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Karena setiap individu harus punya kontribusi terhadap visi misi yang dijalankan. Jadi nanti begitu karyawan tahu apa visi misinya, orientasi pekerjaan akan menjadi lebih jelas,” urai Erwin.

Menggandeng narasumber dari Universitas Airlangga (), ia berharap hasil tindak lanjut dari pelatihan ini bisa langsung diimplementasikan oleh seluruh BUMD di Kota dengan menyusun dan menerjemahkan KPI di perusahaannya hingga ke lingkup terkecil.

“Tadi juga sudah dijelaskan narasumber bagaimana menyusun KPI Secara ilmiah. Saya berharap apa yang disampaikan nanti benar-benar bisa langsung diimplementasikan. Begitu ini disusun atau diterjemahkan dan disebar sampai ke bawah panjenengan akan mendapatkan dampak yang luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Shochrul Rohmatul Ajija, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menjadi narasumber menjelaskan, penyusunan KPI sangat relevan dengan visi misi yang dimiliki perusahaan.

Ia menyebut, pengukuran KPI secara rutin dan berkala akan memudahkan untuk mengevaluasi kinerja sebuah perusahaan. Selain itu, KPI juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan arahan yang jelas tentang target organisasi dan karyawan.

“Dokumen itu juga harus tercatat dengan rapi sehingga semakin lama periodenya kita bisa membandingkan kinerja perusahaan kita tiap tahun. Selain itu kita juga bisa menilai bagaimana trennya, apakah semakin bagus, stagnan atau turun. Sehingga KPI juga bisa digunakan sebagai dasar bagi untuk mengambil kebijakan dan tindakan yang perlu dilakukan,” terangnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO