Maroko Dipimpin Dzuriah Rasulullah, Kiai Asep Ziarah ke Makam Imam Jazuli dan Syaikh Qadhi Iyyadh

Maroko Dipimpin Dzuriah Rasulullah, Kiai Asep Ziarah ke Makam Imam Jazuli dan Syaikh Qadhi Iyyadh Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, dan rombongan saat berdoa di makam Syaikh Jazuli di Marakesh Maroko, Ahad (15/1/2023). Foto: M Mas'ud Adnan/BANGSAONLINE

MARAKESH, BANGSAONLINE.com – Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, berkunjung ke Maroko ternyata bukan semata untuk meluaskan jaringan pendidikan yang dipimpinnya, tapi juga untuk spiritualitas. Terutama Maroko. 

“Maroko itu selalu dipimpin para dzuriah (keturunan) Rasulullah,” kata Kiai Asep kepada BANGSAONLINE . Sebelumnya Kiai Asep ke Mesir dan bahkan umrah terlebih dulu di tanah suci Makkah dan Madinah.

“Makanya nama raja Maroko selalu Hasan atau Muhammad. Sekarang Raja Maroko bernama Muhammad VI,” tambah pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu.

Maroko memang penuh spiritualitas. Negeri maghribi itu penuh ulama besar dan sufi legendaris. Diantaranya Syaikh Jazuli atau Imam Jazuli, ulama besar yang juga terkenal sebagai sufi besar. 

Nama lengkapknya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Sulaiman bin Abu Bakar Al-Jazuli. Syaikh Jazuli dimakamkan di Marakesh Maroko.

Kiai Asep dan rombongan ziarah ke makam Syaikh Jazuli di Kota Marakesh, Ahad (15/1/2023). Kiai Asep dan rombongan berangkat dari Casablanka. Jarak antara Casablanca dan Marakesh sekitar 250 KM. Jarak tempuhnya sekitar 3 jam lebih.

Kiai Asep didampingi istri setianya, Nyai Hj Alif Fadhilah dan salah seorang putranya, Gus Ilyas yang alumnus Universitas Qadhi Iyyadh Maroko.

Makam Syaikh Qadhi Iyyadh di Marakesh Maroko, Ahad (15/1/2023). Foto: M Mas'ud Adnan/BANGSAONLINE

Selain Bu Nyai Fadhilah dan Gus Ilyas, Kiai Asep juga didampingi Dr KH Mauhibur Rokhman (Gus Muhib), Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC), Dr Eng Fadly Usman, Wakil Rektor IKHAC dan juga M Mas'ud Adnan, CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.

Makam Syaikh Jazuli berada dalam bangunan cukup luas. Bentuknya seperti mushalla atau masjid. Makamnya dilapisi kain berwarna hijau dan merah dengan kombinasi warna emas.

Kiai Asep cukup lama di makam Syaikh Jazuli. Ia bahkan juga memimpin tahlil yang diikuti para rombongan.

Syaikh Jazuli sangat populer. Salah satu karya Imam Jazuli yang fenomenal adalah Dalailul Khairat. Imam Jazuli dikenal sebagai salah satu tokoh tarikat Syadziliah dan ilmuwan besar serta ahli fiqih madzhab Maliki. Syaikh Jazuli bahkan dikenal sebagai penghafal kitab Mudawwanah yang berisi fiqh madzhab Maliki.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO