Tuntut Jabatan 9 Tahun, Ratusan Kades di Jombang Unjuk Rasa ke Jakarta

Tuntut Jabatan 9 Tahun, Ratusan Kades di Jombang Unjuk Rasa ke Jakarta Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab dan Ketua AKD Jombang, Warsubi (baju hitam) saat memberangkatkan rombongan kades ke Jakarta. Foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan kepala desa (kades) di berangkat ke Jakarta, pada Senin (16/01/23). Mereka berencana akan mengikuti unjuk rasa di DPR RI.

Berkumpul di kediaman Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) , Warsubi, di Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang, ratusan kades tersebut berangkat menggunakan 6 armada bus. Mereka akan bergabung dengan kades dari seluruh Indonesia.

Adapun agenda unjuk rasa yang rencananya digelar Selasa (17/01/23) besok, mereka menuntut jabatan kades yang sebelumnya enam tahun menjadi sembilan tahun.

Sebelum berangkat, sejumlah kades juga melakukan orasi secara bergantian. "Kami menuntut jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Itu yang nanti akan kami sampaikan ke DPR RI," ucap Warsubi.

Dijelaskan, pihaknya menuntut masa jabatan kades direvisi dari enam tahun, menjadi sembilan tahun untuk satu periode. "Masa jabatan enam tahun terlalu pendek untuk melaksanakan program kerja di desa secara maksimal," terang Warsubi.

Menurut pria yang menjabat sebagai Kades Mojokrapak tiga periode menyebut, masa enam tahun belum bisa mengembalikan kerukunan warga usai terbelah dalam pemilihan kepala desa (pilkades).

"Sebanyak 251 kades se-Kabupaten yang berangkat ke Jakarta. Sisanya, 51 kades absen," pungkas Warsubi.

Nampak di lokasi pemberangkatan, Bupati , Hj Mundjidah Wahab dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Solahudin. (aan/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO