Bagikan 1.000 Bibit Sayur ke Sekolah, Cara Pemkot Kediri Kendalikan Inflasi Daerah

Bagikan 1.000 Bibit Sayur ke Sekolah, Cara Pemkot Kediri Kendalikan Inflasi Daerah Petugas saat membagikan bibit sayur. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Kediri untuk mengendalikan inflasi daerah. Seperti hari ini, (6/1/2023), dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) membagikan sebanyak 1.000 sayuran ke sekolah-sekolah dasar di wilayah Ngronggo.

Tercatat ada lima sekolah yang menerima sayuran, yakni SDN 2, SDN 3, SDN 4, SDN 6, dan SDN 8. Adapun yang dibagikan merupakan hasil budi daya dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekartaji.

Moh. Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi kenaikan harga sayur mayur, terlebih di musim penghujan. Adapun jenis yang dibagikan ialah terong dan cabai rawit.

“Kita memberikan bibit yang siap tanam ke sekolah-sekolah. Untuk selanjutnya kita serahkan ke pihak sekolah apakah ingin membudidayakan sendiri atau ingin memberikan nya ke orang tua atau wali murid. Apabila dari pihak sekolah ingin membudidayakan sendiri dan membutuhkan pendampingan untuk proses tanam sampai panen, kami dari DKPP juga siap membantu,” ujar Moh. Ridwan.

Tujuan dari pembagian bibit tersebut, lanjut Ridwan, sebagai antisipasi adanya kenaikan harga kebutuhan pokok, khususnya sayur mayur. Dalam kesempatan tersebut, Ridwan juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan belajar budi daya sayur guna mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Tidak harus punya lahan yang luas, jadi biarpun sedikit, kita bisa tanam pakai polybag atau memanfaatkan botol serta kaleng bekas,” imbuhnya.

Tidak hanya dibagikan ke sekolah, hasil panen sayur dari juga dibagikan ke posyandu serta masyarakat sekitar. Selain untuk pemenuhan gizi, kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat mencukupi kebutuhan pangan, utamanya sayur. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO