Evaluasi Prodamas Plus 2022, Wali Kota Kediri Minta Lurah Pastikan Dana Bisa Berputar di Masyarakat

Evaluasi Prodamas Plus 2022, Wali Kota Kediri Minta Lurah Pastikan Dana Bisa Berputar di Masyarakat Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (tengah), saat memberi arahan kepada camat dan lurah di wilayahnya. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, menggelar evaluasi tahun ini dengan camat dan lurah di wilayahnya, Jumat (16/12/2022). Ia pun menjelaskan soal program itu dalam agenda tersebut.

“Prodamas ini adalah bujet yang kita sediakan atas dasar partisipatori (metode yang melibatkan masyarakat secara penuh) di masyarakat. Ini sebenarnya program Pemkot yang sudah diadopsi mungkin oleh lebih dari 10 daerah. Prodamas ini pun juga pernah diteliti oleh Kemendagri sebelum adanya program dana desa, jadi hampir mirip,” paparnya.

Menurut dia, tujuan Prodamas adalah sebuah program untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan membeli produk-produk dalam negeri. 

Oleh karena itu, wali kota meminta lurah di Kota untuk memastikan bahwa uang yang diturunkan pemerintah daerah diputar pada masyarakat sekitar saja. Sehingga ada perputaran ekonomi di lingkungan setempat.

“Fasilitas dasar inilah yang bisa dipenuhi dengan dana Prodamas, namun untuk fasilitas tidak dasar agar dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum,” imbuhnya.

Abu pun meminta para lurah untuk ikut dalam memverifikasi penggunaan dana Prodamas ini. Kemudian juga harus memperhatikan beberapa hal penting seperti memastikan seluruh pekerjaan infrastruktur selesai, baik fisik maupun SPJ.

Memastikan juga hasil pekerjaan Pokmas telah sesuai dengan DPA dan RAB terutama volume pekerjaan. Selain itu, Memastikan input pelaporan kegiatan melalui Progressio mencapai 100%. Karena laporan Progressio menjadi syarat pencairan TA 2023.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO