Hadirkan Pembicara dari SIG, Undip Perkenalkan Inovasi Teknologi Konstruksi Ramah Lingkungan

Hadirkan Pembicara dari SIG, Undip Perkenalkan Inovasi Teknologi Konstruksi Ramah Lingkungan

SEMARANG, BANGSAONLINE.cm - Departemen Teknik Sipil (Undip) Semarang, Jawa Tengah, menyelenggarakan sharing session bertema "Building a Sustainable Future: Inovasi Teknologi Konstruksi Ramah Lingkunganā€¯.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 mahasiswa jurusan di gedung A , Jumat (9/12/2022) kemarin.

Sharing session menghadirkan sejumlah pembicara dari (Persero) Tbk (). Mereka adalah, Roganda Harizona Saragih, Senior Manager of Technical Sales , serta Arief Sutanto, Concrete Tech & QA-QC Manager, PT Solusi Bangun Beton (SBB) yang juga bagian dari unit usaha .

Ketua Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik , Jati Utomo Dwi Hatmoko, menyampaikan bumi merupakan titipan bagi anak cucu mendatang, sehingga wajib dirawat dan dikembalikan kondisinya dengan baik.

Salah satunya, melalui pembangunan yang memperhatikan 3 pilar keberlanjutan, yakni aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial.

"Upaya pelestarian alam juga menjadi tanggung jawab bagi produsen teknologi bangunan dan material untuk terus berinovasi menghasilkan produk-produk ramah lingkungan, yang memiliki dampak minimal terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, inovasi teknologi pembangunan yang telah dilakukan secara konsisten perlu disosialisasikan secara terus menerus, sebagai edukasi bagi masyarakat," ucap Jati Utomo Dwi Hatmoko.

Infrastruktur berkelanjutan merupakan infrastruktur yang dibangun dengan prinsip keberlanjutan yang memperhatikan aspek ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

Perwujudan pembangunan infrastruktur berkelanjutan membutuhkan partisipasi dari berbagai elemen, khususnya sektor industri untuk menciptakan inovasi teknologi bahan bangunan dan metode pembangunan yang ramah lingkungan.

Kementerian PUPR telah menerbitkan serangkaian kebijakan strategis. Salah satunya adalah, Instruksi Menteri PUPR No. 4 Tahun 2020 tentang penggunaan Semen Non-Ordinary Portland Cement (Non OPC) pada pekerjaan konstruksi di Kementerian PUPR.

"Pada instruksi menteri tersebut diamanatkan bahwa untuk mewujudkan pembangunan konstruksi yang berkelanjutan, diperlukan optimalisasi penggunaan material yang ramah lingkungan dalam pekerjaan konstruksi, namun tetap memenuhi persyaratan spesifikasi material untuk tiap-tiap jenis pekerjaan konstruksi," jelasnya.

Senior Manager of Technical Sales , Roganda Harizona Saragih, menyampaikan sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan di Indonesia. berkomitmen untuk mengambil bagian dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan dengan menghadirkan inovasi produk dan solusi yang tidak hanya bekualitas tinggi tetapi juga ramah lingkungan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO