Tour de Siak 2022: Pergelaran Pertama Olahraga Wisata di Indonesia Pasca Pandemi COVID-19

Tour de Siak 2022: Pergelaran Pertama Olahraga Wisata di Indonesia Pasca Pandemi COVID-19 Tour de Siak 2022: Pergelaran Pertama Olahraga Wisata di Indonesia Pasca Pandemi COVID-19. Foto: Ist

SIAK, BANGSAONLINE.com - Tour de Siak (TdSi) merupakan pelaksanaan kegiatan internasional yang telah diselenggarakan sebanyak 8 kali. Bupati Siak, Alfedri mengatakan TdSi merupakan event pertama olahraga wisata di Indonesia yang digelar pasca pandemi COVID-19.

Pembalap yang mengikuti TdSi berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Adapun lima tim luar negeri yang mengikuti TdSi ini ialah Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Australia dan Filipina.

Para pembalap TdSi tahun 2022 ini tidak akan mendapatkan poin Internasional dari Union Cycliste Internationale (UCI) dikarenakan adanya keterlambatan dalam proses pendaftarannya, sehingga tidak masuk kalender organisasi sepeda dunia tersebut. Namun, perhelatan TdSi menjadi event Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport indonesia (ISSI) untuk tahun 2022 ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, TdSi pada tahun 2022 memperluas rute hingga ke Pekanbaru. Jika tahun lalu hanya di Siak, pada tahun 2022 ini akan melewati Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru dalam tiga etape.

Adapun 3 etape dalam TdSi kali ini, yaitu:

Etape I yakni "Siak City Race" yang mengelilingi Kota Siak Sri Indrapura sebanyak lima putaran dengan jarak 85 KM, dengan permulaan dari Istana Siak dan Finish di depan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi'an Siak.

Etape II yakni Siak hingga Pekanbaru dengan melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130 KM. Rute yang ditempuh oleh pembalap tersebut meliputi Siak, Dayun, KM. 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru, dan garis finish berada di Kantor Gubernur Riau Pekanbaru.

Etape III dilaksanakan balapan dalam Kota Pekanbaru sepanjang 120 KM sebanyak 3 putaran. Balapan ini dimulai dari Kantor Gubernur Riau, selanjutnya menuju Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO