IHK November 2022, Cabai Merah dan Rawit di Jember Jadi Penyumbang Deflasi Tertinggi

IHK November 2022, Cabai Merah dan Rawit di Jember Jadi Penyumbang Deflasi Tertinggi Tim Lapang DTPHP Jember, Karwisono, saat mengonfirmasi turunnya harga produk pertanian dalam rapat bersama BPS.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Di tengah kenaikan harga secara nasional, masih tercatat mengalami penurunan harga (). Hal ini terungkap saat BPS menerbitkan perkembangan indeks harga konsumen (IHK) November 2022, Kamis (1/12/2022).

"Fenomena nasional itu sudah berulang kali saya tanyakan ke pusat. Musim panennya sudah mulai habis, sehingga rata-rata di berbagai daerah (harga) naik," kata salah satu tim pengelola data BPS , Meri.

Sementara itu, perwakilan dari pihak Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) , Karwisono menjelaskan bahwa produk pertanian seperti  dan tomat selama ini selalu mengalami gejolak harga. 

Ia menyebut, tomat pada November 2022 mengalami 14 persen karena puncak panen raya pada Oktober. Sedangkan di masih memiliki sisa panen yang mencukupi hingga akhir tahun.

"Cabai tambah turun ini, sampai 28,20 persen. Tanaman () bulan Agustus- September, akan habis di bulan Desember ini (2022)," tuturnya.

Komoditas dalam IHK terbagi menjadi 2 komoditas, yakni rawit yang tercatat sebagai penyumbang tertinggi sebesar 25,56 persen dan merah sebagai penyumbang ketiga, mengalami sebesar 28,20 persen. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO