Sambut Satu Data Kota Kediri, BPS Gelar Sosialisasi Indeks Pembangunan Statistik

Sambut Satu Data Kota Kediri, BPS Gelar Sosialisasi Indeks Pembangunan Statistik Lilik Wibawati, Kepala BPS Kota Kediri saat memberi sambutan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menyongsong kebijakan Satu Data Indonesia (SDI), Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri menyelenggarakan rapat evaluasi sensus penduduk 2020 lanjutan (long form) dan sosialisasi/pembekalan () ke Tim Penilai Internal (TPI) Kota Kediri, Rabu (23/11/2022).

Bertempat di salah satu hotel di Kota Kediri, kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 50 peserta dari OPD di Kota Kediri, serta narasumber dari BPS Kota Kediri selaku pembina statistik dan selaku koordinator dan pembina data di bidang geospasial.

Dalam sambutannya, Lilik Wibawati, Kepala BPS Kota Kediri, mengemukakan tujuan dilakukannya kegiatan tersebut yakni untuk mengevaluasi seberapa jauh penyelenggaraan statistik di OPD Kota Kediri.

“Kami ingin nantinya mengukur sampai seberapa jauh capaian statistik sektoral di OPD guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di pemerintahan daerah, dan utamanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di sektor statistik,” ujar Lilik.

Menurutnya, Pemkot Kediri membutuhkan ketersediaan data yang lengkap yang berfungsi dalam perencanaan, penganggaran, monitoring, dan evaluasi pembangunan daerah.

Maka dari itu, SDI Kota Kediri hadir sebagai terobosan yang mampu menyinkronkan dan mengintegrasikan data-data di seluruh OPD secara terpusat dan dapat dipublikasikan kepada masyarakat.

“Satu Data Kota Kediri merupakan aplikasi terintegrasi yang mendukung ketersediaan data dari seluruh wilayah dan OPD, dengan satu input namun dapat menampilkan banyak output,” jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO