Lamongan Raih Penghargaan Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lamongan Raih Penghargaan Opini WTP 6 Kali Berturut-turut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat menyerahkan penghargaan Opini WTP kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Lamongan memperoleh penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 6 kali berturut-turut dari BPK. Sertifikat dan penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di Hotel Bumi Surabaya, Senin (14/11/2022).

Apresiasi ini diberikan sebagai bagian dari dukungan pemerintah pusat terhadap peningkatan upaya penerapan good governance dalam pengelolaan keuangan negara/daerah. Khofifah mengatakan bahwa perolehan ini tidak hanya merupakan upaya untuk mendapatkan saja, ada dampak kesejahteraan dan penurunan angka pengangguran di dalamnya.

"Saya sampaikan, WTP adalah sebuah capaian di mana kita bisa mengukur standar dari tertib administrasi dan akuntansi keuangan kita. Tapi lebih dari itu, saya mohon agar kita semua tetap menjaga outcome dari seluruh anggaran yang kita gunakan ini betul-betul memiliki multiplier effect sesuai dengan pembukaan UUD 1945, bisa membangun kesejahteraan umum," paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jatim Taukhid, juga mengungkapkan harapannya agar kondisi capaian ini benar-benar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kondisi capaian ini sangat diharapkan bisa benar-benar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dikelola untuk sebesar-besarnya kebutuhan rakyat," kata Taukhid.

Ia melaporkan, ada 5 pemerintah daerah di Jawa TImur yang berhasil mempertahankan opini WTP 10 tahun berturut, dan 29 pemerintah daerah dengan capaian 5 tahun berturut. Lamongan pada 2022 berhasil memperoleh atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun lalu, dengan demikian yang diperoleh mencapai 6 kali berturut-turut tanpa terputus.

Yuhronur berterima kasih kepada semua pihak di Kota Soto yang terlibat dalam capaian tersebut. Ia pun berpesan agar pemaparan dari Gubernur Khofifah menjadi pedoman yang harus dipertahankan. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam keberhasilan mempertahankan capaian secara 6 kali berturut, saya sangat bangga. Semoga ini tidak hanya sekedar penghargaan atau capaian saja, tapi sesuai pesan dari Bu Khofifah juga Pak Taukhid, kita harus mampu memberikan dampak, juga multiplier effect pada masyarakat, utamanya untuk kesejahteraan masyarakat, itu yang paling utama," kata bupati. (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO