Temukan Sukses Lewat WA, Setelah Alami Tekanan Hidup Berat, Siapa Itu

Temukan Sukses Lewat WA, Setelah Alami Tekanan Hidup Berat, Siapa Itu Dahlan Iskan

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com Jalan sukses tak mudah. Termasuk di era digital sekarang ini. Banyak kisah sukses justru setelah kita mengalami tekanan hidup luar biasa. 

Namun ketika kita menemukan jalan, maka semua jadi mudah. Bahkan (WA) pun bisa menjadi jalan sukses. Bahkan usaha yang semula nyaris gagal bisa diselamatkan. Benarkah?

Baca saja tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA, hari ini, Sabtu 5 Nopember 2022. Atau di BANGSAONLINE.com di bawah ini.

HAMPIR saja perusahaan yang dibangun anak muda ini masuk ke dalam kelompok 90 persen yang gagal. Tapi ia sudah berpengalaman gagal di yang pertama.

Menghadapi lubang kubur yang kedua itu anak muda tersebut bikin putusan nekat: memindah pusat kegiatannya. Dari Singapura ke . Setidaknya itu bisa membuat napasnya lebih panjang –untuk lari dari kematian.

Nama lengkapnya: . Delta adalah huruf keempat Yunani: ia anak keempat dari lima bersaudara.

Kini Delta bukan lagi bisa hidup, justru hidupnya menyala-nyala. Dari Jogja berkembang ke 19 negara. Karyawannya sudah 130 orang. Kantor di Singapuranya berhasil ia pertahankan.

Nama perusahaannya: qiscus. Huruf pertamanya ditulis ''kecil'': q, bukan Q. Amatilah huruf itu. Coba Anda bolak-balik. Bisa seperti huruf ''d''. Maka Anda bisa membaca qiscus dengan bunyi yang lain. Dan memang nama qiscus (baca: kiskas) dimaksudkan agar mirip diskus –bahasa Malaysia untuk discuss. Diskusi.

Delta menciptakan aplikasi di seputar itu. Yakni bagaimana kita bisa memanfaatkan WA untuk bisnis. Agar jangan lagi menggunakan banyak WA tapi tidak menghasilkan apa-apa –kecuali berhasil membuat jari-jari kian tebal seraya terancam rematik pula.

Temuannya itu diketahui oleh Meta, perusahaan pemilik . Delta justru dirangkul oleh perusahaan Amerika itu. qiscus pun ditunjuk sebagai partner Meta.

Dengan menggunakan qiscus, perusahaan Anda bisa melakukan komunikasi masal lewat WA. Dua arah pula. Lengkap dengan rangkuman, analisis dan hasilnya. Pun kalau konsumen yang harus diajak diskusi mencapai 10.000 orang.

Misalkan bisnis Anda di bidang resto. Atau jualan makanan. Salah satu konsumen Anda sudah tiga bulan tidak memesan lagi. Maka aplikasi ini akan melakukan diskusi dengan si konsumen: mengapa tidak datang lagi?

Pun kalau Anda punya bisnis peralatan elektronika. Pakaian. Logistik. Apa saja.

Delta kini berumur 35 tahun. Sudah tidak jomblo tapi belum punya anak. Ibunya Solo, bapaknya Pemalang. Delta lahir di Medan. Sekolah TK di Jambi. SD sampai SMP di Medan. SMA di Bogor. Ayahnya PNS di kehutanan. Ibunya guru matematika.

Waktu SMA Delta melamar untuk bisa mendapat beasiswa kuliah di Nanyang Technological University Singapura. Diterima. Di jurusan elektronika.

Lihat juga video 'Diduga Rem Blong, Truk Oren Tabrak Gerbang Kantor Polsek Sentolo Kulon Progo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO