Bravo! Desa Wisata Keris Aeng Tong-Tong Sumenep Juara I ADWI 2022 Kategori Daya Tarik Pengunjung

Bravo! Desa Wisata Keris Aeng Tong-Tong Sumenep Juara I ADWI 2022 Kategori Daya Tarik Pengunjung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melihat koleksi keris saat berkunjung ke Desa Wisata Keris Aeng Tong-Tong Kabupaten Sumenep, beberapa waktu lalu.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prestasi membanggakan ditorehkan Desa Wisata Kabupaten Sumenep di ajang nasional () 2022 besutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Dalam ajang yang diikuti oleh 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia tersebut, Kabupaten Sumenep berhasil menyabet dua gelar luar biasa.

Pertama memecahkan Rekor MURI sebagai desa dengan terbanyak di dunia. Berikutnya, juga dinobatkan sebagai Juara I 2022 Kategori Daya Tarik Pengunjung.

Atas prestasi membanggakan ini, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya. Menurutnya, capaian ini adalah buah dari keuletan dan kreativitas warga dalam melestarikan warisan budaya leluhur.

“Bangga bercampur bahagia mendapat kabar Sumenep berhasil menyabet Juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung pada () 2022,” tegas Gubernur , Kamis (3/11/2022).

“Tidak berhenti di situ, Desa Wisata juga berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai desa wisata dengan jumlah terbanyak di dunia. Ini menjadi prestasi membanggakan dari Kabupaten Sumenep,” lanjutnya.

Dijelaskan Gubernur , ada keunggulan yang menjadikan mampu memecahkan Rekor MURI sebagai desa dengan terbanyak.

Diketahui, di terdapat 446 empu pembuat keris. Perinciannya, 440 empu laki-laki dan 6 empu perempuan.

Hal itu menjadikan Desa Wisata menjadi satu dari tiga desa wisata di Indonesia yang memecahkan Rekor MURI dalam ajang 2022.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO