Peringati HSN, Gubernur Khofifah Serahkan Sertifikat WBTB dan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya

Peringati HSN, Gubernur Khofifah Serahkan Sertifikat WBTB dan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Momentum , Gubernur Jatim, Indar Parawansa, menyerahkan sertifikat sholawat badar sebagai Warisan Budaya Tak Benda () Indonesia kepada ahli waris pencipta KH. Ali Mansur Siddiq dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Gubernur menjelaskan ini sengaja didaftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai , sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi kepada pencipta .

"Hari ini menjadi terang benderang, karya telah resmi menjadi ," ungkap diikuti ajakannya mengajak semua yang hadir melantunkan .

Sebagaimana diketahui sendiri merupakan pujian kepada Nabi Muhammad SAW dan para sahabat yang gugur dalam Perang Badar. Salawat ini telah lama dikumandangkan oleh umat muslim untuk dipersembahkan pada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Gubernur juga menyematkan lencana penghargaan Jer Basuki Mawa Beya kategori emas dan perak tahun 2022. Jer Basuki Mawa Beya Emas diserahkan pada KH. Asep Saifuddin Chalim, Pendiri dan Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto atas prestasi dan keberhasilannya dalam meningkatkan prestasi santri di bidang akademik berbasis pondok pesantren.

Lencana Perak disematkan kepada Mas Purnomo Hadi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM tahun 2017-2021 atas keberhasilannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis ponpes di Jatim melalui program one pesantren one product (OPOP).

Selain itu, juga kepada Sekretaris OPOP Jatim Ghofirin atas prestasinya aktif melakukan pemberdayaan ekonomi pesantren dalam mewujudkan kemandrian ekonomi pesantren lewat tiga pilar, yakni , santripreneur, dan sosiopreneur.

Sementara itu, peringatan hari santri ini juga dimeriahkan oleh kirab piala bergilir dari seluruh para Kafilah Jatim yang berhasil meraih Juara Umum MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan. Para kafilah MTQ mengendarai jip dari Kantor Gubernur Jatim. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO