Cegah Longsor, ARPL Kediri Gelar Gerakan Tanam Pohon di Cagar Alam Besowo Gadungan

Cegah Longsor, ARPL Kediri Gelar Gerakan Tanam Pohon di Cagar Alam Besowo Gadungan Koordinator ARPL Kediri, Ari Purnomo Adi (tengah) didampingi Benny Prastya saat berkoordinasi dengan Priyo Sunarji, Penyuluh Kehutanan Ahli Madya Dinas Kehutanan Trenggalek Wilker Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Relawan Peduli Lingkungan () bakal melakukan gerakan di hutan yang masuk Cagar Alam Besowo Gadungan dengan luas sekitar 5 hektare. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya tanah longsor dan banjir saat musim penghujan di daerah rawan bencana, seperti lereng Gunung Kelud di wilayah timur dan lereng Gunung Wilis di wilayah barat Kabupaten .

Koordinator , Ari Purnomo Adi, mengatakan bahwa tebing di area hutan dekat cagar alam ini pernah longsor beberapa tahun lalu dan menyebabkan banjir bandang di wilayah hulu. Rencananya, gerakan di Hutan Besowo itu bakal dilaksanakan akhir Oktober 2022. 

"Dalam gerakan tersebut, kami akan menanam sejumlah jenis pohon, seperti Pule, Ficus (beringin), keluwak, dan jenis pohon lainnya," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (17/10/2022).

Saat ini, kata Ari, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatunya termasuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Perhutani, Dinas Kehutanan Trenggalek Wilker , BKSDA Jatim, FPRB Kabupaten , TNI/Polri, dan Pemkab .

Menurut dia, gerakan ini juga akan dilakukan di tempat-tempat lain yang dinilai termasuk lahan kritis seperti di daerah hutan gundul di wilayah Goliman, Kecamatan Banyakan, Kabupaten .

Hutan di dekat Bandara Dhoho itu telah terjadi deforestasi atau penebangan hutan di kawasan hutan, dan bila tidak segera ditangani dikhawatirkan terjadi bencana di sana.

"Beberapa waktu lalu, Tim Relawan juga telah mengecek langsung kondisi hutan yang gundul di wilayah hutan Goliman, tersebut," kata pria yang juga Ketua Forum Pengurangan Risiko Bancana (FPRB) Kabupaten itu. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO