Baznas Porvinsi Jawa Timur siap Renovasi 15 Rumah di Jombang

Baznas Porvinsi Jawa Timur siap Renovasi 15 Rumah di Jombang Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab ketika memberikan bantuan bedah rumah secara simbolis.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Baznas Provinsi Jawa Timur kembali memberikan program bedah rumah pada Baznas Kabupaten Jombang. Secara simbolis penyerahan bantuan program bedah rumah diberikan bersamaan dengan pembukaan Khitan Cinta 2022, Sabtu (01/10) di Pendopo Pemkab Jombang.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Timur, Drs. KH. Muhammad Roziqi, MM, mengatakan dasar program bedah rumah ini sengaja diperuntukan bagi masyarakat miskin atau dhuafa yang tidak mampu dalam memperbaiki rumahnya. Sehingga sedikit banyak bisa menjadikan rumah tersebut lebih sehat serta layak huni.

"Untuk Jombang sendiri sejak awal sudah mengusulkan sebanyak 27 penerima bantuan. Namun yang terealisasi hanya sekitar 15 harus dibagi dengan kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur," ujar Ketua , Kiai Muhammad Roziq, Jumat (07/10/22).

Wakil Ketua II, Baznas Kabupaten Jombang, Siroju Roshidin yang memandegani program bedah rumah di Kota Santri menjelaskan, proses klasifikasi penerima dilakukan dengan dua cara yakni pengajuan mandiri masyarakat dan rekomendasi dari Pengurus Baznas Kabupaten Jombang atau Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang tersebar di tiap kecamatan.

"Selanjutnya dari Baznas Kabupaten Jombang akan memverifikasi dan survei lapangan. Melihat kelaikan atau tidaknya sebagai penerima. Kemudian hasilnya menjadi dasar pijakan dalam penentuan kelaikan penerima itu," terangnya.

Baznas Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan program bedah rumah ini sebesar Rp 12,5 juta, kemudian digenapi oleh Baznas Kabupaten Jombang sebesar Rp 2,5 juta. Sehingga totalnya tiap rumah nantinya memperoleh anggaran sebesar Rp 15 juta.

Wakil Ketua Baznas Jawa Timur, Dr. H. Muhammad Zaki yang juga turut mendampingi Drs. KH. Muhammad Roziqi, MM. memaparkan dalam pencairannya akan dibagi dua tahapan. Pertama, akan dicairkan sebesar Rp 7,5 juta. Apabila proses pengerjaannya dianggap baik dan lancar, maka pencairan tahap kedua segera direalisasikan.

"Dalam proses pengerjaan bedah rumah, Baznas Kabupaten Jombang harus mendampingi. Baik dalam menentukan pekerja hingga mengatasi permasalahan dilapangan yang sangat dimungkinkan terjadi. Sehingga harus segera dicarikan solusinya bersama stakeholder terkait." papar Zaki.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab disela ramah tamah pun menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya terhadap Baznas Provinsi Jawa Timur yang terus membantu mensejahterakan masyarakat di Kota Seribu Pesantren ini melalui berbagai programnya. Untuk itu Bupati akan berkomitmen guna mendukung setiap program yang diusulkan oleh Baznas Kabupaten Jombang melalui segenap organisasi perangkat daerah.

Disamping bantuan bedah rumah, dalam kesempatan yangg sama Baznas Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan bantuan biaya hidup rutin seumur hidup, senilai Rp 600.000/bulan kepada lansia dhuafa. (aan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO