Pembelajaran Demokrasi, Pemilihan OSIS MTs NU Sidoarjo Digelar Mirip Pemilu

Pembelajaran Demokrasi, Pemilihan OSIS MTs NU Sidoarjo Digelar Mirip Pemilu SALURKAN HAK SUARA: Siswa saat memasukkan surat suara ke dalam TPS dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs NU Sidoarjo, Sabtu (1/10/2022). Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ratusan Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo berpartisipasi untuk memilih ketua dan wakil ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS), di aula sekolah setempat, Jl Raden Patah, Sidoarjo, Sabtu (1/10/2022).

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini digelar mirip penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Yakni pemilihan diselenggarakan oleh siswa yang bertugas sebagai Komisi Pemilihan OSIS . Para siswa tersebut yang merancang aturan dan tahapan 'pesta demokrasi' tingkat pelajar tersebut.

Selain itu, para siswa memilih kandidat yang ada secara langsung, dengan mencoblos kertas suara berisikan gambar foto pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS, di sebuah bilik suara.

Surat suara lalu dimasukkan oleh siswa ke dalam kotak suara, mirip suasana di tempat pemungutan suara (TPS) saat coblosan pemilu. Menariknya, para kandidat hadir di lokasi pemilihan dengan mengenakan busana adat daerah.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan , M Sobirin, menjelaskan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022-2023 ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran tentang demokrasi.

"Siswa bisa belajar memilih pemimpinnya dengan demokratis," ungkap Sobirin kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (2/10/2022).

Ada tiga paslon dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis ini. Yakni paslon nomor urut 1 Azzah Abidah Anandini (kelas VIII-A) sebagai calon ketua dan M Agustian (kelas VIII-B) sebagai calon wakil ketua.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO