Disperdagin Kota Kediri Gelar Sidang Tera Sebulan Penuh

Disperdagin Kota Kediri Gelar Sidang Tera Sebulan Penuh Petugas dari Disperdagin Kota Kediri saat menera timbangan milik salah satu pedagang. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui dinas perdagangan dan perindustrian (Disperdagin) mengadakan sidang tera selama satu bulan penuh. Kegiatan ini bertujuan melindungi konsumen dari pedagang nakal.

Kali ini, agenda ukur ulang timbangan secara gratis itu berlangsung di Kelurahan/Kecamatan Pesantren, Kota , Selasa (27/9/2022).

Sekretaris Disperdagin Kota , Tintawati, mengatakan bahwa sidang tera bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat terutama kepada pemilik alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya ().

“Masyarakat yang punya tidak perlu jauh-jauh datang ke dinas untuk melakukan tera ulang, tapi dari Disperdagin Kota yang mendatangi tempat aktivitas mereka," ujarnya.

Melalui kegiatan yang melibatkan sebelas penera ini, diharapkan konsumen dapat terlindungi dari kecurangan saat berbelanja. 

"Disebut sidang tera karena kita lihat sejauh mana timbangan yang digunakan sesuai standar yang ada,” tuturnya.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting agar konsumen bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan massanya. Apabila terdapat timbangan yang tidak sesuai dengan standar, Disperdagin Kota akan merekomendasikan pemilik agar mereparasi ke petugas reparatif. 

Kemudian, lanjut Tintawati, petugas akan memberikan tanda berupa stempel tera ulang pada timbangan yang telah lolos sidang tera. Pihaknya ingin mempertahankan predikat sebagai penerima anugerah Daerah Tertib Hukum dari Kementerian Perdagangan pada 31 Agustus lalu.

Disperdagin Kota juga rutin menggelar pos ukur ulang di pasar-pasar tradisional. Melalui kegiatan itu, pengukuran ulang terhadap massa barang yang dibeli konsumen bakal dilakukan guna memastikan massa barang benar-benar sesuai dengan ukuran.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan konsumen semakin aman dan nyaman saat berbelanja di pasar. Karena timbangan yang dipergunakan sesuai standar, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman karena tidak merasa dirugikan,” pungkasnya.

Disperdagin Kota akan menggelar kegiatan tera ulang selama satu bulan mendatang. Adapun jadwalnya, tertera di bawah ini:

Kecamatan Pesantren:

26 September 2022: Pasar Bawang

27 September 2022: Kelurahan Pesantren

28 September 2022: Kelurahan Bangsal

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':