Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Asam Urat

Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Asam Urat Ilustrasi nyeri sendi. Foto : iStockphoto/Boyloso

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penderita , ditandai dengan sakit nyeri sendi dibagian kaki, jari kaki, pergelangan hingga pada lutut. Hal itu, diakibatkan penumpukan kristal yang ada pada tubuh.

Kristal ini bisa menumpuk karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Jenis makanan yang mengandung kandungan zat purin dapat menjadi penyebab salah satu kambuhnya pada seseorang. Zat purin tinggi, terdapat pada merah, jeroan, sampai minuman beralkohol.

Namun begitu, sayuran dan buah, juga ada yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita . Sebab, beberapa sayuran dan buah-buahan juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Maka dari itu, para penderita , wajib mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi agar tidak mengalami nyeri.

1. Daging Merah

Daging merah harus dihindari, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kadar akan meningkat dan menimbulkan nyeri hingga mengalami kesulitan berjalan.

2. Jeroan

Babat, Paru, Usus, Limpah harus dihindari oleh penderita . Sebab, pada jeroan tersebut mengandung purin sekitar 174,2 mg per 100 gram nya.

Tak hanya jeroan pada sapi dan kambing, jeroan pada ayam pun, seperti hati, jantung dan ampela juga sebaiknya untuk dihindari karena mengandung purin sebesar 312,2 mg per 100 gram nya.

3. Ikan Laut

Biasanya, penderita menganggap masakan ikan laut aman untuk dikonsumsi. Hal itu, berbanding terbalik, karena seperti ikan kembung, sarder, tuna dan teri juga mengandung purin yang tinggi.

Tak hanya itu, udang, , lobster dan kerang juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO