Gelar Ekskavasi Situs Mbah Blawu Jombang, Tim BKP Jatim Temukan Struktur Candi

Gelar Ekskavasi Situs Mbah Blawu Jombang, Tim BKP Jatim Temukan Struktur Candi Tim BPK Jatim Wilayah XI saat menggelar ekskavasi Situs Mbah Blawu.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jawa Timur (Jatim) Wilayah XI melakukan yang berada di , , , sejak Senin (18/09/22) kemarin.

Memasuki hari kedua , tim menemukan struktur batu bata yang menyerupai dinding i di sebelah selatan. Tim kemudian menggali 120 meter persegi lahan untuk menguak secara utuh bangunan i tersebut.

Arkelog , Pahadi mengatakan, pihaknya membuat beberapa great berupa kotak dengan luas per kotaknya 4 meter persegi. Nantinya, dalam tahap awal akan diambil 4 hingga 5 kotak.

"Jadi kita hanya ambil 4 sampai 5 kotak yang mengarah di sisi selatan . Sedangkan yang membujur dari timur ke barat kita akan ambil sekitar 6 sampai 10 kotak," tuturnya pada wartawan, Selasa (20/09/2022).

Dikatakan Pahadi, dari luasan tersebut, tidak semua kotak akan digali. Tetapi hanya kotak yang berpotensi adanya temuan struktur yang akan digali.

"Kita baru buka sekitar dua setengah kotak yang memiliki struktur, jadi kurang lebih sekitar 5 meter. Dari dua setengah kotak yang digali itu, posisinya tidak lurus tapi agak miring," ucapnya.

"Pada temuan ini, batu batanya ada pola yang masuk juga ada pola yang keluar, seperti zig-zag. Nah, ini yang masih kita cari apakah ini posisi struktur dinding atau pondasi," imbuh Pahadi.

Ia berharap, dalam waktu tiga sampai empat hari ke depan, tim bisa mendapatkan informasi lain, maupun menemukan artefak lain. Sehingga bisa menentukan era i ini dibangun.

"Mudah-mudahan mendapatkan artefak tua lain, yang mendukung terkait periodesasinya itu," pungkasnya. (aan/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO