Manfaatkan Limbah Pasir Silika, IBL Boncong Tuban Sukses Budi Daya Udang Vaname

Manfaatkan Limbah Pasir Silika, IBL Boncong Tuban Sukses Budi Daya Udang Vaname IBL Boncong Tuban Sukses Budidaya Udang Vaname.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Instalasi Budi Daya Laut (IBL) Boncong , Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Jawa Timur sukses mengembangkan di Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten , Rabu (7/9/2022).

Meski berulang kali mengalami kegagalan panen akibat dampak cuaca buruk dan pencemaran limbah pabrik di sekitar tambak, mampu membudi daya secara baik dengan sejumlah inovasi yang dilakukan. Salah satunya, dengan memanfaatkan limbah pasir silika yang terbukti mampu meningkatkan jumlah produksi .

" menciptakan inovasi baru teknik dengan memanfaatkan limbah pengolahan pasir silika dan aplikasi bioteknologi berbasis herbal produksi dari ," kata Kepala , DKP Jawa Timur, Sublandri.

Ia menjelaskan, bioteknologi itu mampu mengendalikan kualitas air, sehingga budi daya tambak lebih intensif. Dari Hasil inovasi tersebut, panen udang di diperkirakan bisa mencapai 10 ton lebih, dengan ukuran udang 30 per kilogram.

"Alhamdulillah, setelah saya tiba disini dan berusaha mencari solusi, kita menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan limbah pasir silika di sekitar pabrik. Dan hasilnya ternyata produksi udangnya meningkat dan lebih besar," beber pria asal Blitar.

Sublandri menambahkan, hasil panen udang tersebut selanjutnya akan dikirim ke supplier, kemudian diekspor ke negara Uni Eropa dengan harga kisaran 85 ribu per kilogram.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO