Tangkal Radikalisme, BNPT Gandeng FKPT Jatim Gelar Festival Asik Bang di Sidoarjo

Tangkal Radikalisme, BNPT Gandeng FKPT Jatim Gelar Festival Asik Bang di Sidoarjo Penampilan salah satu peserta Festival Asik Bang, di Sidoarjo, Selasa (6/9/2022) malam. foto: Mustain/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) gelar festival musik bertajuk 'Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang)' guna mengkal potensi terorisme di kedai 'Kopi dari hati & Toast Omy', Jalan Raya Taman Tiara No 3, Pagerwojo, , Selasa (6/9/2022) malam.

Festival musik yang bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jawa Timur (Jatim) diikuti belasan grup band dan penyanyi solo dari sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Peserta festival musik wajib membawakan lagu berjudul Salam Indonesia Harmoni yang diciptakan Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Dewan juri festival musik ini, dinilai oleh penyanyi Oppie Andaresta dan pencipta lagu, Ratna Koin. Nantinya, tiga nominasi terbaik akan dibawa ke tingkat nasional.

Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Akhmad Nurwakhid mengatakan, festival musik tersebut digelar BNPT bermitra dengan FKPT di seluruh Indonesia, di 34 provinsi.

Menurutnya, kegiatan tersebut masuk dalam salah satu pendekatan pencegahan radikalisme dan terorisme melalui kebijakan Pentahelix.

"Pendekatan pentahelix melibatkan multipihak dari pemerintah baik kementerian, lembaga dan pemda, pihak civitas akademika melibatkan dunia pendidikan, media, melibatkan dunia usaha termasuk melibatkan komunitas yang ada di masyarakat, baik itu ormas keagamaan maupun ormas pecinta atau pegiat seni dan budaya," tuturnya.

Ia menambahkan, adanya kegiatan festival musik dan budaya dapat menangkal terorisme, karena pada dasarnya, teroris memiliki karakter anti seni dan anti budaya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO