Gubernur Khofifah Ajak Muslimat NU Sedekah Oksigen Melalui Gerakan Tandur

Gubernur Khofifah Ajak Muslimat NU Sedekah Oksigen Melalui Gerakan Tandur Gubernur Jatim Khofifah membagikan 150 bibit buah-buahan saat menghadiri pelantikan Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk ber melalui . Ajakan itu disampaikannya saat menghadiri Pelantikan Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Kediri di kantor PC setempat, Sabtu (3/9).

Dalam acara itu, Gubernur membagikan 150 bibit buah-buahan seperti kelengkeng, alpukat, durian, jambu biji, ketepeng, dan cabai. Perempuan yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU itu kemudian melakukan penanaman bibit pohon kelengkeng secara simbolis.

Kepada para kader Muslimat NU maupun masyarakat yang hadir, Gubernur yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU, mengajak untuk menanam tanaman tersebut dengan diniati .

“Saat nandur tanaman ini sembari dipupuk dan disiram kita niati Bismillah untuk kemanusiaan. Saat ada lonjakan Covid-19 secara eksponensial tahun lalu, sekitar bulan Juli itu kita merasakan susahnya mendapatkan oksigen, mencari tabung oksigen. Jadi mari kita menanam tanaman apa saja untuk ,” katanya.

Dia mengungkapkan, isu perubahan iklim global telah ramai dibahas di berbagai forum sejak 10 tahun belakangan. Perubahan iklim itu terasa dari panasnya suhu cuaca, meskipun musim sudah masuk penghujan.

“Perubahan iklim global ini dirasakan di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Di berbagai tempat banyak kampanye penurunan emisi gas rumah kaca. Untuk itu, mari Ibu-Ibu Muslimat sekalian, kita bisa memulai dari lingkungan terkecil, yakni rumah dengan menanam pohon di pekarangan kita,” katanya.

Tidak hanya di lingkungan rumah, juga meminta agar PAUD, TK, maupun Raudhatul Athfal (RA) milik Muslimat NU yang memiliki halaman luas agar menanam tanaman seperti trembesi atau ketapang. Tanaman jenis trembesi ini bisa membantu menyimpan deposit air.

“Jadi banyak hal yang bisa kita lakukan dari kekuatan jaringan Muslimat NU. Saya belakangan ini terus mengajak masyarakat luas untuk melakukan . Kalau bisa menanam mangrove lebih bagus lagi, karena sangat banyak referensi bahwa oksigen yang dihasilkan oleh mangrove bisa 5 kali lipat lebih banyak dari pohon di daratan,” katanya.

“Jadi sudah cukup lama saya rutin berkeliling ke berbagi kabupaten/kota di Jatim ini untuk nandur mangrove. Terakhir kemarin di Kabupaten Pasuruan, kami bersama-sama dengan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu). Alhamdulillah sudah banyak elemen yang kami ajak untuk bersama-sama nandur mangrove,” imbuhnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO