Thoriqoh Shiddiqiyyah Bersumber dari Sahabat Abu Bakar RA? Bagaimana Sejarah dan Ajarannya?

Thoriqoh Shiddiqiyyah Bersumber dari Sahabat Abu Bakar RA? Bagaimana Sejarah dan Ajarannya? Alhallaj Muhyiddin, Wakil Ketua Umum Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah Pusat.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak heboh penggerebekan Pondok Majma'al Bahrain oleh Polda Jatim, pada 7 Juli 2021 lalu, Thoriqoh banyak diperbincangkan masyarakat. Khususnya soal Thoriqoh mu'tabaroh (diakui) atau tidak.

Dikutip dari NU Online, Sekjen Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN), KH Mashudi, menyebut bahwa Thoriqoh tidak termasuk thoriqoh yang diakui JATMAN.

Alhallaj Muhyiddin, Wakil Ketua Umum Yayasan Pendidikan Pusat, mengatakan bahwa Thoriqoh Shiddiyyah sudah ada sejak .

"Bahwa Mursyid kami, Bapak Kiai Muhammad Muchtar Mu'thi Al Mujtaba, Pimpinan Thoriqoh , Sang Guru Besar Kami, itu bukan mendirikan thoriqoh baru. Karena Thoriqoh itu sudah ada sejak Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq. Tapi sepeninggal Syekh Thoifur Abu Yazid Al Busthami, nama Thoriqoh ini tenggelam. Karena setelah itu, namanya diganti dengan nama lain beberapa kali," terang Alhallaj kepada BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, Kiai Muchtar Mu'thi kemudian mendapat amanat dari gurunya pada tahun 1959, untuk mengembalikan nama yang terkubur ratusan tahun. Karena itu, ia menegaskan bahwa kemunculan Thoriqoh pertama kali bukanlah di Indonesia.

"Yang mengajarkan (Thoriqoh ) pertama kali Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Organisasi Jawa Timur ini.

Lanjut Alhalaj, bahwa Kiai Muchtar hanya memunculkan kembali Thoriqoh yang lama terkubur. "Sehingga sejak 1959 diajarkan ke khalayak masyarakat luas, dan sejak itu semakin lama semakin berkembang sampai saat ini," katanya.

Lalu, benarkah Kiai Muchtar mengembalikan nama setelah mendapat ilham dari Syekh Syuaib Jamali? Cek video lengkapnya di Channel TV BANGSA, atau langsung klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumahnya Tiba-Tiba Dibongkar, Sudarwati Kaget Dapat Bantuan Rumah Layak Huni dari Shiddiqiyyah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO