Tuban Raih Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden RI

Tuban Raih Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden RI Bupati Tuban ketika menerima penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha di istana negara. (Suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Untuk yang ketiga kalinya dan secara berturut-turut Kabupaten Tuban meraih penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha atas prestasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda, pada Peringatan Hari Oronomi Daerah ke-19 di Istana Negara Jakarta, Selasa (28/4).

Kepala Bagian Humas dan Media Setda Kabupaten Tuban, mengatakan bahwa Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Presiden RI kepada provinsi dan kabupaten/Kota. Dimana penerima penghargaan tersebut telah menunjukkan hasil karya tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat selama tiga tahun berturut-turut.

Penilaian tersebut berdasarkan pada hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) tahun 2012-2014 terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tahun 2011-2013. Selama tiga tahun tersebut, Kabupaten Tuban menduduki peringkat terbaik dalam EKPPD.

“Yang dinilai antara lain mengenai indeks capaian kinerja, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu, tataran pengambil kebijakan (penilaian terhadap kinerja kepala daerah dan DPRD), tataran pelaksana kebijakan (penilaian terhadap kinerja SKPD), dan capaian urusan pemerintah (penilaian terhadap capaian kinerja 26 urusan wajib dan delapan urusan pilihan). Selain itu, juga dilakukan penilaian terhadap indeks kesesuaian materi antara LPPD dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan rasa terima kasih kepada Seluruh Masyarakat Kabupaten Tuban atas dukungannya, sehingga Tuban kembali memperoleh predikat sebagai Daerah dengan Kinerja terbaik Nasional.

Prestasi ini diraih untuk ketiga kalinya sehingga membuahkan penghargaan Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha ini sebagai salah satu wujud kerja keras Pemkab Tuban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai bidang.

“Tetapi penghargaan ini bukan tujuan akhir, masih banyak yang harus diperbaiki untuk mewujudkan masyarakat Tuban yang lebih sejahtera. Kendati demikian, untuk mencapai hal ini diperlukan kepekaan semua masyarakat untuk dapat saling berempati kepada sesamanya. Bersama Pemkab Tuban mewujudkan masyarakat yang kreatif, religius, dan sejahtera,” terang pria yang juga kader terbaik NU Tuban ini.

Terpisah, Presiden RI, Ir.Joko Widodo menyampaikan, penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha diberikan bagi kepala daerah yang memiliki kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Sekaligus sebagai penghormatan dan apresiasi atas prestasi pemerintah daerah yang berhasil mewujudkan tujuan desentralisasi dan otonomi daerah dalam menyejahterakan masyarakatnya. Selain itu, menciptakan ketertiban umum serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sekadar diketahui, sehari sebelumnya, Asisten Pemerintahan Sekda Tuban, Drs. Ahmad Amin Sutoyo mewakili Bupati Tuban menerima Piagam Penghargaan bagi Pemerintah Daerah yang berprestasi Kinerja Terbaik Secara Nasional, Hasil EKPPD Tahun 2014 terhadap LPPD Tahun 2013 oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo pada Upacara Hari Otonomi Daerah ke-19 di Lapangan Kantor Kementrian Dalam Negeri.

Selain Kabupaten Tuban, Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha juga diraih oleh Kabupaten Purbalingga, Kota Madiun dan Kota Mojokerto. (wan/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO